Jumat, 19 April 2024

Kemenag Terima 500 Blanko Kartu Nikah

Berita Terkait

batampos.co.id – Kementerian Agama (Kemenag) Batam menerima 500 keping blanko kartu nikah, bulan ini. Blanko tersebut akan digunakan untuk mencetak kartu nikah pasangan yang mendaftar di Kantor Urusan Agama (KUA) di Batam.

”Sekarang baru uji coba di KUA Sekupang. Kemarin sudah ada dua pasangan yang menerima kartu nikah ini,” kata Kepala Kantor Kemenag Batam Erizal Abdullah, Selasa (12/4).

Ia menyebutkan, kartu nikah ini diperuntukkan bagi me-reka pasangan baru, sedangkan yang lama belum menjadi prioritas. Kartu nikah memiliki data yang sama dengan buku nikah. ”Sama saja, namun kalau kartu nikah ini bisa dibawa kemana-mana atau disimpan di dompet. Kalau buku kan tidak bisa,” sebutnya.

Erizal menambahkan, saat ini kartu nikah sama dengan buku nikah elektronik. Sebab semua data yang ada pada buku nikah terdapat pada kartu nikah.

”Mulai dari nama suami dan istri ada di kartu nikah. Nanti saat di-scan data akan muncul (data pemegang kartu nikah, red),” jelasnya.

Saat ini, sambungnya, penerbitan kartu nikah tengah dihentikan sementara karena masih menunggu arahan dari pemerintah pusat. Ia berharap inovasi ini bisa dilanjutkan tahun depan. Kartu nikah bisa menjadi salah satu kartu identitas warga yang telah menikah.

”Karena ada sedikit persoalan di pusat terkait ketersediaan blanko. Jadi kami masih nunggu arahan selanjutnya,” ujar Erizal.(yui)

Update