SB Anambas Bermadah dalam perjalanan dari Tanjungpinang ke Letung setelah selesai dikerjakan, Jumat (7/12). (Dokumentasi Humas Pemkab Anambas untuk Batam Pos)

batampos.co.id – Pengadaan feri antarpulau oleh Dinas Perhubungan dan Lingkungan Hidup Kabupaten Kepulauan Anambas sudah selesai. Saat ini feri tersebut dalam perjalanan dari Tanjungpinang menuju Anambas.

”Tadi pagi sudah ditarik ke Anambas dengan kapal kargo. Setelah sampai Letung, feri akan berlayar ke Tarempa,” ujar Pejabat Pembuat Komitmen Nurullah, Jumat (7/12).

Feri yang diberi nama SB Anambas Bermadah tersebut berukuran sedang dengan panjang sekitar 15 meter. Speed tersebut berbahan dasar aluminium de-ngan jumlah tempat duduk 24 kursi. Kapasitas mesin tiga kali 250 pk. Dengan kecepatan bisa sampai 25 hingga 26 knot dengan bahan bakar premium.

Feri tersebut dibuat PT Galaxy yang berlokasi di Tanjungpinang dengan nilai kontrak Rp 4,2 miliar.

”Panjangnya sekitar 15 meter kalau lebarnya belum tahu pasti,” katanya.

Dia memperkirakan hari ini, Sabtu (8/12), feri sudah sampai di Letung dan melanjutkan perjalanan ke Tarempa. Setelah sampai ke Tarempa baru akan diresmikan. ”Nanti kalau sudah sampai akan diresmikan,” jelasnya.

Ketika ditanya mengenai operasional feri apakah diope-rasikan pihak ketiga atau tidak, dia belum tahu pasti.

”Yang penting tiba di Tarempa dulu,” jelasnya.

Nurullah menyebut proyek pengadaan feri tersebut didampingi Tim Pengawal Pe-ngamanan Pemerintahan dan Pembangunan Daerah (TP4D). ”Iya, ini masuk pengawasan TP4D,” tambahnya. (sya)

Advertisement
loading...