Jumat, 29 Maret 2024

Petinju Transgender AS Pertama

Berita Terkait

Instagram Patricio Manuel

batampos.co.id – Hari bersejarah terukir untuk petinju transgender asal Amerika Serikat (AS) Patricio Manuel kemarin. Dalam duel debutnya di tinju profesional, Manuel sukses menang atas lawannya asal Meksiko Hugo Aguilar. Pertarungan berlangsung di kelas bulu super (59 kg).

Manuel mendapat kemenangan angka mutlak setelah bertarung 12 ronde. Saat memulai laga itu, Manuel sudah mencatatkan diri sebagai petinju transgender pertama yang terjun di pentas profesional.

“Ini tidak bisa diganti dengan apapun,” ucap Manuel, dilansir AFP. “Aku sudah mengeluarkan segalanya untuk berada di titik ini. Kini aku resmi sebagai petinju profesional sekarang,” tambahnya.

Pada 2012 Manuel sempat turun sebagai petinju putri di ajang US Olympic Trial. Sayang, saat itu dia mengalami cedera bahu dan harus beristirahat panjang. Beberapa bulan kemudian dia mengambil langkah besar dalam hidup. Yakni menjalani operasi untuk berubah menjadi laki-laki.

Keputusannya bukan tanpa tantangan. Beberapa pihak masih menganggap statusnya tetap wanita. Seperti yang dipertontonkan penonton yng tidak respek usai laga kemarin. Beberapa orang meneriakinya booo untuk menunjukkan rasa tidak suka.

“Aku mendengarnya (teriakan booo),” ucap Manuel. “Sepertinya beberapa orang masih tidak suka kepadaku. Aku akan kembali untuk membuat mereka lebiih puas,” tambah petinju 33 tahun tersebut.

Otoritas tinju California sempat khawatir untuk memberikan lisensi tinju kepada Manuel. Namun, izin akhirnya turun lantaran sebelum Olimpiade Rio 2016, Komite Olimpiade Internasional (IOC) memberi edaran yang menyebut para atlet transgender pria maupun wanita diperkenankan tampil tanpa ada penolakan sama sekali.

Aguilar sendiri baru mengetahui latar belakang Manuel hanya dua hari sebelum pertarungan. Menurutnya semua itu bukan masalah. “Saya sangat menghormati keputusan itu,” ucap Aguilar. “Tidak ada yang berubah. Di atas ring setiap petinju ingin menang,” tambahnya. (irr/JPG)

Update