Cendol masuk dalam daftar 50 makanan penutup terenak di dunia.

Cendol merupakan makanan manis yang terbuat dari tepung beras. Warna hijau pada cendol berasal dari daun suji, salah satu pewarna makanan alami.

Makanan manis ini biasanya disajikan dengan santan cair dan gula merah yang sudah dicairkan. Supaya lebih segar, penjual cendol akan memberikan es di bagian atasnya.

Bersaing dengan Makanan Penutup dari Banyak Negara

Hebatnya, cendol bersaing dengan 49 makanan penutup lain, seperti baklava dari Turki, black forest dari Jerman, chocolate chip cookies dari Amerika Serikat, dan chocolate mousse dari Prancis.

Dari lima puluh makanan penutup itu, cendol berada di urutan ke sembilan, mengalahkan chocolate chip cookies dan chocolate mousse. Keren, ya!

Namun, ada satu hal yang sedikit membingungkan, di portal berita tersebut disebutkan bahwa cendol berasal dari Singapura.

Sebenarnya, Cendol Berasal dari Mana?

Masuknya cendol menjadi salah satu makanan penutup terenak di dunia merupakan kabar gembira, terutama bagi warga Indonesia. Seperti kita tahu, hidangan manis ini banyak dijual di Indonesia, mulai dari pinggir jalan hingga di restoran mewah.

Namun, portal berita tersebut menyebutkan cendol berasal dari Singapura. Sebenarnya, cendol berasal dari mana, ya? Singapura, Malaysia, atau Indonesia?

Cendol

Milik Asia Tenggara

Menurut Fadly Rahman, Sejarawan Kuliner, minuman sejenis cendol sudah ada di wilayah Asia Tenggara sejak lama. Asia Tenggara merupakan salah satu wilayah yang mencakup beberapa negara, tiga di antaranya adalah Singapura, Malaysia, dan Indonesia.

Karena hal itu, Fadly Rahman mengatakan, tidak ada negara yang berhak mengklaim cendol. Jadi, bisa dikatakan, cendol merupakan makanan penutup milik Asia Tenggara.

Lalu, Kenapa Cendol yang Masuk 50 Makanan Penutup Terenak di Dunia Disebut Berasal dari Singapura?

Setiap negara di Asia Tenggara, khususnya Singapura, Malaysia, dan Indonesia memiliki hidangan manis bernama cendol. Bahan untuk membuat cendol di tiga negara itu pun sama, yakni tepung beras, santan, dan gula merah yang sudah dicairkan.

Namun, cendol dari Singapura, Malaysia, dan Indonesia memiliki perbedaan pada topping. Cendol dari Singapura menggunakan kacang merah sebagai topping.

Cendol dari Malaysia menggunakan nangka sebagai topping, sedangkan cendol dari Indonesia ada yang menggunakan singkong potong dan ada yang tidak.

Cendol dengan Kacang Merah

Portal berita yang merilis 50 makanan penutup terenak di dunia itu menyebutkan, bahwa cendolnya diberi tambahan kacang merah yang dimaniskan.

Jika melihat dari hal itu, sudah jelas bahwa cendol yang mereka sebutkan merupakan cendol dari Singapura.

Meski begitu, kita harus tetap bangga, karena hidangan manis ini sebenarnya milik wilayah Asia Tenggara, salah satunya Indonesia. (hal/tipstren)

Yuk Baca