Kamis, 25 April 2024

LAM Lingga Rilis Buku Kue Pengantin

Berita Terkait

batampos.co.id – Lembaga Adat Melayu (LAM) Kabupaten Lingga menerbitkan buku mengenai pembutan kue pengantin. Sebelumnya, LAM juga menerbitkan buku Tepuk Tepung Tawar. Hal ini sebagai upaya mengabadikan warisan budaya Melayu peninggalan leluhur yang mengandung kebaikan.

“Dalam buku tata cara membuat kue pengantin nanti seluruh proses pembuatan kue hingga bahan-bahannya akan dijelaskan dengan gamblang,” kata Ketua LAM Kabupaten Lingga Datok Sri M. Ishak, Senin (10/12/2018) pagi.

Ishak mengaku penulisan buka ini dengan gaya berbeda dari biasanya, sehingga seluruh pembaca lebih tertarik dan bukan seperti buku yang tergolong bacaan berat layak-nya buku sejarah atau buku-buku pelajaran. Dengan tujuan, buku tersebut nantinya dapat dijadikan kalangan muda atau pelajar sebagai referensi untuk pembuatan kue pengantin.

Gaya penulisan kekinian ini, sambung Ketua LAM yang juga sebagai Kepala Dinas Kebudayaan, adalah keinginan sejumlah tokoh dan masyarakat yang bertujuan dapat menarik minat baca terutama kawula muda.

Setelah mere-ka menyukai apa saja yang ada dalam buku tersebut, secara otomatis mereka akan melestarikan budaya Melayu hingga ke masa depan.

“Saat ini buku tata cara pembuatan kue pengantin ini sedang dalam pengurusan International Standard Book Number (ISBN) saja. Setelah terbit nanti, LAM juga akan menggelar praktik pembuatan kue tersebut,” ujar Ishak.

Latar belakang diterbitkannya buku ini berawal dari kekhawatir dengan keberlangsungan budaya Melayu. Sebab, sejumlah pewaris pembuatan kue pengantin ini sudah tua. Untuk itu, Ishak mengambil kesempatan dari para pembuat kue terkait resep dan lainnya, sehingga LAM mengabadikan warisan tersebut ke dalam buku. (wsa)

Update