Jumat, 29 Maret 2024

Pemkab Anambas Kerahkan Alat Berat Bersihkan Tumpukan Sampah

Berita Terkait

F. SYAHID/BATAM POS
Dinas Perhubungan dan Lingkungan Hidup Kabupaten Kepulauan Anambas membersihkan tumpukan sampah di TPS di Jalan Rintis, Desa Tarempa Selatan, kemarin.

batampos.co.id – Dinas Perhubungan dan Lingkungan Hidup Kabupaten Kepulauan Anambas akhirnya berhasil membersihkan sampah yang berserakan di Tempat Pembuangan Sementara (TPS) di Jalan Rintis, Desa Tarempa Selatan.

Untuk membersihkan sampah tersebut, petugas membutuhkan waktu satu minggu dengan menggunakan alat berat.

Kepala Bidang Persampahan Dinas Perhubungan dan Lingkungan Hidup Kabupaten Kepulauan Anambas Efendi menjelaskan, dalam waktu satu pekan pihaknya bukan hanya mengeruk sampah saja, tapi juga melakukan penimbunan jalan menuju TPS yang sudah rusak.

“Kurang lebih habis belasan juta untuk membersihkan sampah karena sekalian menimbun jalan di sekitar TPS,” ungkapnya kepada wartawan, Senin (10/12/2018).

Namun, tempat sampah yang sering disebut depo tersebut terancam menggunung lagi karena tidak ada aktivitas pembakaran atau pengura-ngan. Enam personel yang ditempatkan di TPS hanya membongkar sampah dari truk.

“Selain bongkar sampah, petugas memilah sampah yang masih bisa dimanfaatkan kemudian diambil. Itu juga lumayan karena bisa mengurangi tumpukan sampah,” ungkapnya lagi.

Sebelum­nya, sampah di tempat pembuangan akhir yang berlokasi di Jalan Raya Genting, Kecamatan Siantan Selatan terus menumpuk. Saking banyaknya, saat ini sudah menggunung hingga sampai ke badan jalan.

Tumpukan sampah di tepi jalan tersebut dikerumuni lalat hijau karena menyebarkan bau busuk.(sya)

Update