Sabtu, 20 April 2024

Pemkab Kepulauan Anambas Serahkan 10 Kapal ke Nelayan

Berita Terkait

F. SYAHID/BATAM POS
Pemkab Anambas menyerahkan bantuan 10 kapal tangkap kepada 10 kelompok nelayan di Kecamatan Palmatak, beberapa waktu lalu.

batampos.co.id – Pemerintah Kabupaten Kepulauan Anambas melalui Dinas Perikanan Pertanian dan Pangan menyerahkan bantuan berupa 10 unit kapal nelayan tangkap kepada 10 kelompok nelayan di Desa Bayat, Kecamatan Palmatak. Kapal bantuan tersebut berukuran 3 GT yang bersumber dari Dana Alokasi Khusus (DAK) 2018.

”Penyerahannya sudah dilakukan sejak Kamis (6/12) lalu,” ungkap Kepala Dinas Perikanan Pertanian dan Pangan Kabupaten Kepulauan Anambas Effy Zjuhairi kepada wartawan, Minggu (9/12).Effie mengatakan bantuan bukan hanya berupa kapal tapi perlengkapan dan peralatan nelayan juga diberikan, mulai dari alat pancing, radar, radio, mesin, jangkar, pema-dam kebakaran, dan peralatan lainnya.

”Nelayan hanya bawa badan saja ketika hendak melaut,” ujarnya.

Kata dia, bantuan yang diberikan itu berdasarkan pe-ngajuan setiap kelompok nelayan yang telah diverifikasi dan dilakukan evaluasi. Jika diberikan kepada individu nelayan tidak dibenarkan oleh aturan, itu wajib harus menggunakan per kelompok.

”Kelompok nelayan di Desa Bayat saja belum pernah dapat bantuan kapal. Kemarin memang acaranya di Desa Bayat dan disana juga tempat penyimpanan kapal bantuan tersebut sebelum dilakukan serah terima,” ucapnya.

Ia hanya berharap kepada kelompok nelayan yang diberikan bantuan agar dapat merawat dan menjaga kapal tersebut dengan baik.

”Penyerahannya langsung oleh pak bupati,” ungkapnya lagi.(sya)

Update