Jembatan Lela untuk memepersingkat Batam Center – Nongsa

batampos.co.id – Badan Pengusahaan (BP) Batam mengalokasikan anggaran sebanyak Rp 50 miliar untuk membangun jalan pintas dari Nongsa menuju Batamcentre pada tahun 2019.

“Titik jembatan nanti ada di Sambau, Nongsa. Dana pembangunannya senilai Rp 46 miliar hingga Rp 50 miliar untuk membangun jembatan 50 meter dengan bentangan jalan 100 meter,” kata Kepala BP Batam, Lukita Dinarsyah Tuwo, Selasa (11/12).

Tujuan pembangunan jalan pintas ini adalah untuk mempersingkat waktu yang diperlukan dari Batamcentre ke Nongsa dan sebaliknya. Sebelumya butuh waktu sekitar 25 hingga 30 menit, namun setelah jalan pintas ini dibangun, maka bisa menghemat waktu 10 hingga 15 menit.

Saat ini, detail engineering of desaign (DED) telah selesai dikerjakan.

“DED ternyata sudah selesai. Dan perkiraan tahun depan mulai proses groundbreaking untuk jembatan 50 meter,” ucap Lukita.

Selain untuk mempercepat waktu perjalanan, jalan pintas ini merupakan infrastruktur yang dibutuhkan untuk ikut mengembangkan kawasan Nongsa yang digadang-gadang akan menjadi kawasan industri digital dan pariwisata.

“Kami hanya ingin agar wisatawan mendapat akses yang mudah menuju ke Nongsa,” ucapnya.

Selain jalan pintas dan jembatan, BP juga akan membangun 12 ruas jalan di sekitar kawasan industri. Tujuannya adalah untuk meningkatkan akses antara kawasan industri dan infrastruktrur seperti pelabuhan dan bandara.

“Pembangunan akan menelan dana sekitar Rp 120 miliar hingga Rp 130 miliar,” imbuhnya.

Proyek pembangunan jalan ini dilakukan untuk mengimbangi pengembangan Bandara Hang Nadim sebagai pusat logistik Batam. Sebelumnya, BP akan segera membuka lelang prakualifikasi peningkatan kapasitas bandara pada akhir tahun ini.

Sementara untuk pelabuhan, pihaknya sudah MoU dengan Pelindo. Pihaknya kini tinggal menunggu Perpres, agar Pelindo bisa mengelola Batuampar dengan baik.

“Agar Pelindo segera bekerja di Batuampar. Sehingga mengurangi biaya penanganan kontainer di Batuampar. Diharap selesai satu dan dua tahun, sehingga pelayanan arus barang lebih baik,” tuturnya.(leo)