Sabtu, 20 April 2024

Natuna Siapkan Beasiswa untuk Penghafal Alquran

Berita Terkait

batampos.co.id – Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Natuna menyalurkan bantuan beasiswa kepada 25 santri penghafal Alquran. Penyerahan bantuan tersebut merupakan dukungan Baznas untuk mendukung lahirnya penghafal Alquran.

Pengurus Baznas Kabu-paten Natuna Said Ridwan mengatakan, beasiswa dise-rahkan kepada santri yang berada di pemondokan. Tidak hanya pesantren di Natuna, santri di luar daerah seperti Batam, Pontianak, Magetan, Pekanbaru, Bandung, dan Kudus juga mendapatkan beasiswa.

”Setiap santri mendapat Rp 2 juta sebagai bantuan beasiswa. Ini merupakan hasil peningkatan penerimaan zakat tahun ini,” Ridwan, Rabu (12/12/2018).

Dikatakan Ridwan, Badan Amil Zakat Natuna berencana melaksanakan program bantuan beasiswa tersebut secara rutin. Namun akan menyesuaikan pendapatan dari penerimaan zakat. Dan penerima bantuan tidak dipilah, semua santri di pemondokan dalam proses menghafal Alquran menerima bantuan beasiswa.

Bantuan ini, katanya, bertujuan agar generasi muda Islam Natuna memiliki penerus yang penghafal Alquran. Baz-nas Natuna juga berharap, hafiz generasi muda sekarang dapat menghafal Alquran 30 juz. Dan taat dalam beribadah.

Sebelumnya Ketua Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Natuna Ibrahim Ya’kub mengatakan, tahun 2018 ini jumlah pembayar zakat di Natuna mulai meningkat.

Peningkatan yang signifikan ini pada bidang profesi, karena jumlah muzaki dari kalangan pegawai menga-lami peningkatan yang cukup tinggi. Jumlah muzaki tahun ini tercatat 557 orang.

”Peningkatan ini secara otomatis membuat jumlah zakat yang terkumpul di Baznas juga bertambah. Tahun 2017 lalu jumlah zakat yang terkumpul sekitar Rp 740 juta, namun tahun 2018 ini terhitung per November, Baznas sudah berhasil mengumpulkan zakat sekitar Rp 1,3 miliar,” kata Ibrahim.(arn)

Update