Sabtu, 20 April 2024

Hang Nadim Bangun Posko Jaga Kelancaran Arus Mudik

Berita Terkait

foto: batampos.co.id / cecep mulyana

batampos.co.id – Bandara Hang Nadim Batam akan membangun sejumlah posko pengamanan untuk menyambut Natal dan Tahun Baru 2019. Tujuannya adalah untuk menjaga kelancaran arus mudik.

“Sesuai dengan rapat di Kementerian Perhubungan (Kemenhub) dua minggu lalu, maka Kemenhub perintahkan Hang Nadim bangun posko,” kata General Manager Umum Badan Usaha Bandara Udara (BUBU) Hang Nadim, Suwarso, Rabu (12/12) di Mediacentre BP Batam.

Suwarso mengatakan pihaknya akan membangun dua posko yakni di depan pintu keberangkatan dan kedatangan dan satu lagi di dalam bandara.

“Posko di depan pintu nanti dikomandoi Polsek Bandara. Disana nanti ada polisi, TNI AU, pramuka, BMKG dan lain-lain,” ungkapnya.

Sedangkan posko di dalam bandara berfungsi untuk melaporkan pergerakan situasi terkini, antara lain laporan harian penumpang, penambahan extra flight dan lainnya.

“Posko ini akan dimulai pada 20 Desember nanti dan akan berlangsung sampai dengan 6 Januari 2019,” ungkapnya.

Selain itu, pihak bandara juga akan memindahkan ruangan Bea Cukai dan Avsec dari ruangan check-in menuju ke lokasi pintu kedatangan. Tujuannya adalah untuk mempermudah pengawasan penumpang.

Untuk penerbangan tambahan, Suwarso mengatakan Sriwijaya Airlines akan mengagendakannya.

“Untuk arus mudik Natal dan Tahun Baru ini, hanya Srwijaya yang tambah penerbangan. Tapi masih menunggu izin Kemenhub,” paparnya.

Sriwijaya akan menambah satu kali penerbangan di jam malam setiap hari Sabtu dengan tujuan Batam-Jakarta-Batam.

“Penambahan ini diperlukan karena diperkirakan penumpang akan padat di H-2 sekitar tanggal 22 dan 23 Desember. Serta arus balik pada 4 atau 5 Januari nanti,” ucapnya. (leo)

Update