Jumat, 29 Maret 2024

Jelang Natal dan Tahun Baru, Pastikan Ketersediaan Solar Aman

Berita Terkait

batampos.co.id – Pertamina Cabang Batam menjamin ketersediaan Bahan Bakar Minyak (BBM) Bersubsidi jenis solar akan terpenuhi menjelang Natal dan Tahun Baru (Nataru).
Sales Pertamina Cabang Batam Arwin menjelaskan pada dasarnya pertamina ditunjuk sebagai badan usaha untuk menyalurkan BBM di Kota Batam akan menyalurkan sesuai kebutuhan masyarakat.

Desember 2018, untuk BBM jenis solar diestimasikan untuk Kota Batam sebanyak 120 kiloliter (kl) atau 120.000 liter per hari, dan premiun akan disalurkan 450 kl atau 450.000 liter per hari untuk 30 SPBU yang ada di Batam.

”Jumlah ini tentunya cukup untuk kebutuhan masyarakat menjelang akhir tahun ini,” ujarnya, Jumat (14/12).

Dia menjelaskan, untuk Kota Batam pihak Pertamina menyalurkan BBM dari Terminal BBM Kabil. Dan Terminal BBM Kabil mengambil dari Terminal BBM Tanjunguban yang jaraknya cukup dekat, sementara stok BBM di Tanjunguban sangat besar, jadi jangan khawatir masalah suplai stok.

”Semangat dari Pertamina adalah menjaga kebutuhan masyarakat terpenuhi,” kata Arwin menjelaskan.

Sebenarnya tidak ada ketentuan penyaluran solar per minggunya, pihak Pertamina menyalurkan BBM secara komunal, jadi, sudah ditentukan SPBU mana yang men­dapatkan pengiriman lebih dalam seminggu.

”SPBU akan memberitahukan kepada pihak Pertamina apabila stoknya sudah tipis, dan besoknya dikirim,” katanya.

Arwin menerangkan alasan lain ketersediaan solar jelang Nataru tetap aman, dikarenakan banyak perusahaan yang menggunakan solar, sudah mengurangi produksi sehingga penggunaan solar juga ber­kurang.

”Sehingga solar lebih banyak dipakai oleh kendaraan saja,” tuturnya.(cr2)

Update