Jumat, 29 Maret 2024

Waspada Hujan Disertai Petir

Berita Terkait

ilustrasi

batampos.co.id – Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Hang Nadim Batam memperkirakan cuaca untuk wilayah Kepulauan Riau (Kepri) pada hari ini, Senin (17/12). Diprediksi masih berawan tapi berpotensi terjadi hujan lokal dengan intensitas ringan hingga sedang yang disertai petir dan angin kencang.

Kepala Seksi Data dan Informasi BMKG Batam, Suratman menjelaskan, kondisi ini disebabkan adanya pertemuan massa udara di wilayah Kepri yang dapat menyebabkan terjadinya pembentukan awan-awan yang dapat menyebabkan hujan.

”Namun kondisi ini masih kondusif untuk aktivitas transportasi darat maupun udara,” ujarnya, Minggu (16/12/2018).

Dia menjelaskan secara umum di Batam pada siang hari sekitar pukul 13.00 WIB akan terjadi hujan lokal, seperti Belakangpadang, Bulang, Galang, Seibeduk, Sekupang, Lubukbaja, Batuampar, Sagulung, Batuaji, dan Bengkong. Sedangkan untuk daerah Nongsa dan Batam Kota diperkirakan berawan.

”Bagi masyarakat Batam yang akan melakukan aktivitas di luar rumah diharapkan mempersiapkan mantel sebelum bepergian,” imbaunya.

BMKG Hang Nadim Batam juga memperkirakan hari ini hujan akan turun pada siang hari saja, sedangkan sore pukul 16.00 WIB hingga tengah malam pukul 01.00 WIB dini hari diperkirakan cerah berawan.

”Jadi untuk aktivitas malam mudah-mudahan tidak terkena hujan,” katanya.

Kendati demikian, ia tetap mengingatkan bagi masyarakat Batam yang akan beraktivitas kelautan dan menggunakan transportasi laut, supaya selalu berhati-hati terhadap gelombang yang cukup tinggi di perairan Natuna dan Anambas.

”Harap waspada bila terjadi hujan lebat, karena dapat menyebabkan penurunan jarak pandang akibat tingginya gelombang laut,” jelasnya.(cr2)

Update