Rabu, 24 April 2024

12 Kecamatan di Natuna Segera Tersambung Internet

Berita Terkait

ilustrasi

batampos.co.id – Pemerintah Kabupaten Natuna berupaya membebaskan Natuna dari kondisi blank spot area (tidak ada signal telekomunikasi, red). Saat ini kondisi tersebut masih banyak tedapat di Natuna terutama sekali jaringan telekomunikasi untuk layanan data (internet).

Kepala Dinas Kominfo Pemkab Natuna Raja Darmika mengatakan, untuk mencapai tujuan tersebut, pemerintah berupaya intens dengan cara menjalin koordinasi dengan pemerintah pusat atau Kemenkominfo dan pihak-pihak terkait seperti perusahaan telekomunikasi, Badan Aksesibilitas Teknologi Informasi (Bakti), Palapa Ring Barat (PRB), serta pihak-pihak lainnya.

”Tahun ini telah kita usulkan 35 spot untuk dapat internet. Tapi setelah disurvei kita jadi dapat 32 spot,” kata Darmika, Minggu (16/12).

Darmika menjelaskan, dari hasil survei tersebut diputuskan enam lokasi akan menggunakan internet fiber optik dengan operator Telkom dan 26 spot sisanya menggunakan internet vsat dengan operator DTP (Daya Tunggal Putra).

Titik -titik lokasi yang diusulkan dan yang sudah disetujui tersebar di 12 Kecamatan, yakni Kecamatan Bunguran Timur, Bunguran Timur Laut, unguran Selatan, Bunguran Tengah, Bunguran Batubi dan Bunguran Barat. Kemudian ada juga Kecamatan Pulau Tiga, Pulau Tiga Barat, Pulau Laut, Serasan, Serasan Timur dan Kecamatan Midai.

”Sebagian menggunakan jaringan dari Palapa Ring Barat. Ada yang menggunakan sinyal serat optik secara langsung dan ada juga wilayah yang akan menggunakan tembakan vsat. Upaya ini akan kami terus lakukan hingga Natuna benar-benar bisa mengakses internet secara keseluruhan,” jelasnya.

Sebelumnya Direktur Utama Bakti, Anang Latif menegaskan pihaknya juga siap menunaikan amanat Nawacita Presiden Joko Widodo – Jusuf Kalla di Natuna. Karena Natuna merupakan salah satu daerah sasaran Nawacita pemerintah.

”Kami akan penuhi keperluan telekomunikasi Natuna secara bertahap. Kemarin kita sudah penuhi 32. Dan kami minta diusulkan lagi, khususnya sekolah-sekolah atau Desa yang belum terkoneksi internetnya. Usulkan saja lagi ke kami. Insya Allah, untuk Natuna akan kami penuhi semua,” kata Anang Latif saat di Natuna pekan lalu. (arn)

Update