Kamis, 25 April 2024

Batam Jaring 2 Juta Wisman pada 2019

Berita Terkait

batampos.co.id – Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kota Batam optimistis target 1,7 juta wisatawan mancanegara (wisman) 2018 tercapai. Bahkan, untuk 2019 nanti, Disbudpar juga menyatakan yakin bisa mendatangkan 2 juta wisman.

Plt Kepala Disbudpar Kota Batam, Ardiwinata mengatakan hingga Oktober 2018, jumlah wisman yang masuk ke Batam sudah mencapai 1,5 juta orang. Ia optimistis target 1,7 juta wisman tercapai di akhir tahun ini.

”Bahkan saya optimistis bisa melebih target. Melihat jumlah wisman yang terus meningkat di bulan Desember ini,” ujar Ardi, Senin (17/12).

Dikatakan Ardi, berdasarkan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Kota Batam, Pemerintah Kota (Pemko) Batam menargetkan jumlah wisman Tahun 2019 sebanyak 2 juta orang.

Menurut dia, Pemko Batam saat ini juga tengah menyusun paket kunjungan wisata bagi wisman yang datang ke Batam. Setiap agen travel akan diwajibkan untuk mengajak para wisman berkunjung ke salah satu destinasi yang sudah ditetapkan Pemko Batam.

”Ini masih kami susun. Tujuannya agar ekonomi masyarakat di sekitar destinasi itu ikut hi-dup,” katanya.

Selain itu, Pemko Batam juga akan mengembangkan destinasi wisata baru yang atraktif. Salah satunya, pengembangan pulau terluar di Indonesia, Pulau Putri.

”Nantinya Pulau Putri akan diubah menjadi destinasi wisata berkelas internasional, fasilitasnya dilengkapi,” kata Ardi. (she)

Update