Kamis, 25 April 2024

Disperindag Tak Bisa Pastikan Kapan Bantuan Dana Pasar Induk Cair

Berita Terkait

Kondisi Pasar Induk terlihat memprihatinkan
Foto: Cecep Mulyana/Batam Pos

batampos.co.id – Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kota Batam belumn bisa memastikan kapan anggaran bakal revitalisasi Pasar Induk Jodoh disediakan oleh pemerintah pusat.

“Tak bisa dipastikan. yang penting perintah pimpinan untuk mengantar proposal di dua kementerian sudah kami lakukan, tinggal menunggu keputusan pusat,” kata Kepala Bidang Pasar Disperindag Batam, Zulkarnain, Senin (17/12).

Dua kementrian yangg dimaksud adalah Kementrian Perdagangan dan Kementrian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (KemenPUPR). Kini, pihaknya hanya bisa terus berkoordinasi dengan dua kementrerian ini agar pembangunan pasar tersebut cepat terealisasi. Selain itu, kini pihaknya sedang persiapkan yakni rencana detil dan analisis dampak lingkungan (amdal).

“Mudah-mudahan Batam yang dapat,” imbuhnya.

Kepala Disperindag Kota Batam Zarefriadi mengatakan, dana yang sudah pasti dianggarkan di 2019 yakni dana untuk Detail Engineering Design (DED) yang bersumber dari APBD Kota Batam senilai Rp 2 miliar.

“Dengan dianggarkan DED di 2019 itu adalah bentuk optimisme Pemko Batam,” klaimnya.

Terkait dana pembangunan pasar induk Jodoh, ia mengungkapkan sedang disinergikan dengan kementrian (Kemendag maupun KemenPUPR) juga pemerintah provinsi Kepri.

“Agar bagaimana anggaran yang dibutuhkan terpenuhi secara utuh. Pembangunan tak bisa sekaligus,” ucapnya. (iza)

Update