Kamis, 25 April 2024

KPU Natuna Bahas Distribusi Logistik

Berita Terkait

batampos.co.id – KPU Natuna melakukan koordinasi dengan berbagai pihak terkait pengawalan serta pengamanan pelaksanan Pemilu 2019 mendatang. Kegiatan ini dilaksanakan di Rumah Makan Sisi Basisir, Sabtu (15/12) kemarin. Rapat koordinasi diikuti oleh Polres Natuna, Bawaslu, Bakesbangpolda, serta Disdukcapil.

Kapolres Natuna AKBP Nugroho Dwi Karyanto menyatakan, pihaknya sudah menyiapkan personel pengamanan pelaksanaan Pemilu tahun 2019 termasuk dalam tahapan pemilu.

ā€Pengamanan pemilu sudah menjadi tanggung jawab kami kepolisian,ā€ tegas Nugroho.

Nugroho menegaskan, polisi akan bersikap netral dengan tidak memihak salah satu partai politik maupun kandidat peserta pemilu. Bahkan ditegaskannya, jika ditemukan anggota yang memihak di salah satu peserta pemilu, agar segera dilaporkan.

ā€Kami juga akan selalu berkoordinasi dengan pihak TNI sebagai bentuk sinergitas TNI-POLRI dalam menciptakan pemilu yang kondusif dan damai. Polres menerjun 242 personel Polri untuk pengamanan pemilu,ā€ ujarnya.

Sementara Ketua KPU Natuna Junaedi Abdilah mengatakan, pengamanan pemilu dibutuhkan dalam beberapa tahapan, baik dari pendistribusian logistik surat suara hingga keamanan pelaksanaan pemilihan, sampai menjemput surat suara dari TPS.

ā€Koordinasi ini untuk memastikan kotak surat suara aman, mulai pendistribusian dari KPU ke seluruh TPS, hingga kembali ke KPU usai pelaksanaan pemilihan nantinya,ā€ katanya.

Pihaknya kata Abdilah, juga mengantisipasi dan mencegah terjadinya kecurangan pada pemilu, dengan memberi pelatihan kepada Kelompok Panitia Pemungutan Suara (KPPS) dimasing-masing TPS. Namun untuk Natuna, kendala terberat adalah cuaca, mengingat terdiri dari pulau-pulau.

ā€Pendistribusian surat suara ini memerlukan pengamanan, karena situasi lapangannya lebih banyak menggunakan jalur laut,ā€ ujarnya. (arn)

Update