Kamis, 28 Maret 2024

Pulau Natuna Aman dari Gempa

Berita Terkait

batampos.co.id – Kepala stasiun meteorologi Ranai Tri Widiarto mengatakan, Kabupaten Natuna yang berada di perbatasan laut Cina Selatan, dikategorikan aman dari ancaman bencana gempa. Karena berada di tengah-tengah lempeng tektonik, sehingga kecil kemungkinan terkena gempa maupun tsunami.

Namun dalam situsi tertentu katanya, masih terdapat beberapa bencana alam yang harus diwaspadai. Berdasarkan survei lapangan dan data diperoleh, bencana alam yang sering terjadi di wilayah Kecamatan Bunguran Besar adalah kebakaran hutan, tanah longsor dan abrasi pantai.

”Natuna punya iklim alam yang tidak bersahabat, menyebabkan gelombang tinggi, sehingga perlu diwaspadai supaya tidak menjadi bencana alam,” ujarnya dalam rapat inisiasi pembentukan forum pengurangan resiko bencana di Natuna, di kantor Bupati Natuna belum lama ini.

Menurut data yang diperoleh, Natuna tidak miliki gunung aktif, sehingga kecil kemungkinan terjadinya bencana gempa maupun banjir lahar dingin. Tetapi bencana lain, sangat mungkin terjadi. Namun patut diwaspadai, jika terjadi akan menimbulkan kerusakan parah, apalagi akses ke lokasi sulit, sehingga menimbulkan kelangkaan sembako.

Selain itu, Natuna memiliki potensi banjir dan angin puting beliung. Bencana ini bisa saja ditimbulkan oleh kejadian alam maupun tangan manusia. Sebab hutan-hutan Natuna sudah mulai gundul tanpa adanya peremajaan. Sehingga harus ada regulasi dan penanganan serius dalam menyikapi kerusakan hutan.

”Tanah longsor, bisa diakibatkan pergerakan tanah maupun disebabkan adanya pembangunan jalan dan pemukiman masyarakat. Namun Natuna salah satu pulau yang aman untuk pemukiman,” sebutnya. (arn)

Update