Selasa, 19 Maret 2024

Natuna Punya Rumah Sakit Integrasi

Berita Terkait

Permintaan Tiket Terbanyak adalah Rute Batam-Padang

Peningkatan Status RSUD Tanjungbatu Terus Digesa

Suhu Udara Batam Bisa Mencapai 33 Derajat Celcius

batampos.co.id – Rumah Sakit miliki TNI AU yang berada di kompleks Lanud Raden Sadjad diresmikan sebagai rumah sakit terintegrasi oleh Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, Selasa (18/12/2018).

Rumah sakit terintegrasi tersebut merupakan rumah sakit pertama yang diresmikan setelah ditempatkan batalyon komposit di Natuna sebelumnya. Ini merupakan batalyon gabungan dari unsur satuan di TNI.

Peresmian Rumah sakit integrasi tingkat III Lanud RSA Natuna ditandai penandata-nganan prasasti bangunan Rumkit Integrasi oleh Panglima TNI, dilanjutkan dengan pemotongan pita.

Rumah sakit integrasi tingkat III Lanud Raden Sadjad ini dilengkapi fasilitas seperti poli bedah, poli katarak, poli khitan, poli spesialis kandu-ngan, poli THT, dan poli umum.

Selain meninjau ruangan di rumah sakit, Panglima juga menyerahkan donasi kepada pasien berupa penyerahan kaki palsu, kursi roda, kaca mata, alat bantu dengar, dan paket khitan.

Panglima mengatakan, keberadaan rumah sakit integritas di Natuna adalah pertama di Tanah Air. Selain menangani kesehatan para anggota TNI, rumah sakit harus dapat memberikan pela-yanan kesehatan masyarakat umum di Natuna.

”Rumah sakit integritas diresmikan ini pertama di Indonesia, layanan kesehatan juga bisa masyarakat umum, selain anggota TNI di Natuna. Poli kesehatannya juga lengkap,” kata Panglima di sela meninjau ruangan-ruangan rumah sakit.

Di tempat yang sama, Kepala Pusat Kesehatan TNI Mayjen TNI Ben Yura Rimba menga-takan, sarana yang dimiliki oleh rumah sakit integrasi Lanud Raden Sadjad di Natuna sangat lengkap. Selain fasilitas lengkap, dokter yang ditugaskan juga merupakan dokter spesialis berpengalaman.

“Semua sarana lengkap dan didukung dengan dokter-dokter spesialis memiliki pe-ngalaman menangani berbagai penyakit,” terang Ben Yura Rimba.

Ia menambahkan, dalam pelayanan kepada masyarakat, pihak rumah sakit integrasi akan menerima dan melayani semua pasien termasuk pasien rujukan dari RSUD Natuna dan akan melayani pasien BPJS.

“Nanti kami akan koordinasi dengan RSUD Natuna terkait penanganan pasien. Kita upa-yakan semua pasien bisa dilayani termasuk pasien rujukan dari RSUD Natuna,” ujarnya. (arn)

Update