Kamis, 28 Maret 2024

Pelabuhan Domestik Sekupang Tak Sediakan Parkir Inap

Berita Terkait

Ruang kedatangan Pelabuhan Domestik Sekupang.
F Dalil Harahap/Batam Pos

batampos.co.id – Pengelola Pelabuhan Domestik Sekupang (PDS) tidak menyediakan parkir inap bagi pemudik yang akan meninggalkan kendaraannya di PDS. Hal ini disebabkan karena keterbatasan lahan parkir yang tersedia.

“Tak ada kami sediakan. Pemudik yang ingin mudik minta diantar keluarga saja,” kata Kepala Satuan Kerja (Kasatker) PDS Suherman, Senin (17/12).

Ia menjelaskan selain itu, petugas juga kesulitan mengontrol kendaraan yang menginap di pelabuhan. Hal ini disebakan karena sistem parkir pelabuhan yang masih manual, sehingga tidak kendaraan yang masuk tidak tercatat.

“Sekarang kan masih menggunakan tiket biasa saja. Pintu masuk juga tidak menggunakan plang parkir,” jelasnya.

Saat ini jumlah kendaraan yang parkir juga sudah cukup banyak baik dari pengelola, Karyawan Kantor Pelayanan Pelabuhan, Bea dan Cukai, taxi dan beberapa instansi lainnya. “Ini saja sudah cukup padat, jadi yang mudik minta didrop saja,” ujarnya.

Herman mengungkapkan hingga saat ini pihaknya belum menerapkan parkir inap. Namun jika sistem sudah lebih baik, parkir inap bisa saja diterapkan. “Sekarang masih belum. Tapi kalau nanti ada perbaikan sistem itu bisa saja diterapkan,” ujarnya.

Dalam waktu dekat ini, pemasangan plang parkir di pintu depan akan dilakukan. Kendaraan yang masuk akan tercatat. Setiap motor akan dikenakan Rp 1 ribu dan mobil Rp 2 ribu satu kali masuk. “Jadi tidak hitung per jam. Masih pakai sistem yang lama kami. Sekali masuk dan biayanya masih sama,” jelasnya.

Untuk antisipasi kemacetan jelang mudik Natal dan Tahun Baru nanti, Herman menambahkan pihaknya sudah menyiapkan mekanisme lalu lintas kendaraan.

“Sudah kami siapkan polanya. Agar pengantar tidak lama saat menurunkan calon penumpang,” tutupnya.(yui)

Update