Selasa, 19 Maret 2024

Sedikitnya 25 Ribu Pencaker Berebut Kerja di Batam per Tahun

Berita Terkait

foto: batampos.co.id / cr1

batampos.co.id – Masuknya investor ke Batam turut membawa dampak yang positif bagi daya serap pencari kerja (pencaker) yang ada di Batam. Setiap tahun sedikitnya 25 ribu pencaker berebut pekerjaan di industri yang ada di Batam.

Kepala Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Batam, Rudi Sakyakirti mengatakan kenaikan upah minimum kota (UMK) tahun depan menjadikan Batam masih menjadi pilihan utama bagi mereka pencaker baik lokal maupun luar daerah.

“Masih dan mungkin bisa jadi tambah banyak yang mau cari kerja di sini (Batam, red),” kata Rudi, Selasa (18/12).

UMK Batam lanjutnya menempati peringkat ketiga dengan upah terbesar setelah DKI Jakarta. Hal ini membuat pencari kerja di Sumatera memilih Batam, selain itu daya saing juga lebih rendah dari pada Jakarta dan Tangerang.

Rudi menambahkan selain faktor kenaikan UMK Batam, masuknya investor baru juga menjadi penyebab meningkatnya angka pencari kerja tahun depan di Batam. “Informasinya kan memang ada perusahaan besar yang akan beroperasi di Batam mulai tahun depan. Ya kita doakan saja semua proses lancar,” ujarnya.

Rudi menyebutkan untuk perizinan tidak akan memakan waktu lama. Meskipun pihaknya belum menerima informasi resmi dari perusahaan tentang waktu pasti beroperasinya perusahaan tersebut.

“Saya belum dapat info. Tapi ini kan sesuatu yang baik. Pastinya kami senang dengan adanya industri yang buka,” ungkapnya.

Sebelumnya, Perusahaan Pegatron diinformasikan akan pindah ke Batam. Perusahaan ini rencananya akan memproduksi bagian dari telepon pintar merek Iphone dan merek ponsel lainnya.(yui)

Update