Selasa, 19 Maret 2024

SLB Kartini Berkunjung ke Perpustakaan BP Batam

Berita Terkait

f. peri irawan/ batam pos
Siswa-siswi dan guru SLB Kartini Batam foto bersama dengan para wali murid.

batampos.co.id – Sekolah Luar Biasa (SLB) Kartini Batam bertujuan meningkatkan minat baca siswa-siswi melalui pembelajaran literasi dengan berkunjung ke Perpustakaan Badan Pengusahaan (BP) Batam, Kamis (6/12/2018).

Kepala SLB Kartini Tuty Purwanti menjelaskan, kegitan ini merupakan bentuk peringatan Hari Disabilitas Anak Internasional 2018. Dengan pembelajaran karakter bagi siswa berkebutuhan khusus, dengan tujuan supaya siswa memiliki budi pekerti yang baik serta minat baca yang tinggi.

”Nantinya diharapkan mereka mampu berliterasi dengan lingkungan sekitar dengan baik,” ujar Tuty didamping Wakil Kepala SLB Kartini Retno Tri Indrayanti.

Sementara, ketua pelaksana Abdul Qodir menjelaskan, bahwa acara ini sudah lama di rencanakan dan hari ini akan diadakan dari pukul 07.30 WIB hingga siang, dengan empat agenda acara, yang pertama kunjungan ke Perpustakaan BP Batam, sebab saat ini tengah digencarkan untuk pembelajaran literasi.

”Jadi, cocok jika hari ini kita berkunjung ke Perpustakaan BP Batam,” tutur Qodir.

Lanjutnya menjelaskan, selain pembelajaran literasi, siswa-siswi SLB mulai dari tingkat SD hingga SMA yang berkebutuhan khusus juga diajarkan berbelanja di Mall BCS, Lubukbaja secara mandiri, mereka bisa menukar uang sesuai dengan nilai jual barang yang mereka beli.

”Jadi, kita mulai dari hal-hal kecil seperti ini agar ke depannya mereka bisa mengetahui nominal uang yang mereka pegang dan harga barang yang dibeli serta kembalian yang mereka terima,” kata Qodir.

Qodir menjelaskan siswa-siswi juga akan diajak ke Toko Buku Gramedia alasannya tidak lain adalah mengenalkan kepada hasil karya guru SLB Kartini yang berskala Nasional juga diterbitkan dan dijual di Gramedia, serta sebagai bentuk motivasi kepada mereka supaya lebih rajin sekolah dan bisa menciptakan karya seperti buku. (cr2)

Update