Selasa, 19 Maret 2024

Wakil Bupati Natuna Berharap Telekomunikasi Lancar

Berita Terkait

batampos.co.id – Wakil Bupati Natuna Ngesti Yuni Suprapti mengatakan layanan telekomunikasi di Natuna masih banyak kekurangan dan kelemahan. Salah satunya masih menggunakan satelit.

Kondisi ini, katanya, membuat layanan telekomunikasi kurang lancar, dan rawan rusak. Salah satunya di Pulau Laut dan Serasan.

”Sekarang tower seluler di Pulau Laut dan Serasan rusak, tentu layanan telekomunikasi juga terganggu. Sementara teknisinya jauh dan perlu waktu untuk perbaikan,” kata Ngesti, Senin (17/12).

Pemerintah daerah mengharapkan operator seluler dapat memanfaatkan layanan Palapa Ring Barat (PRB) yang sudah terkoneksi di Natuna.

Menurutnya, menggunakan satelit di Natuna kurang menjanjikan. Terkecuali di Natuna sudah ditempatkan teknisi dari operator.

”Sekarang ada tower BTS rusak, harus menunggu teknisinya datang dari Batam. Belum lagi proses administrasi, butuh berhari-hari perbaiki kerusakan. Ditambah lagi tower-nya di Pulau Laut atau Serasan, butuh waktu lagi menuju ke sana,” kata Ngesti.

Menurut Ngesti, sudah semestinya seluruh ope-rator di Natuna menjalin kerja sama dengan pe-ngelola PRB, agar layanan telekomunikasi di Natuna stabil, lancar, merata dan adil menyesuaikan tingkat kebutuhan.

Ngestimenyatakan bahwa saat ini sudah masuk operator Smartfren. Terdapat beberapa titik akan melayani telekomunikasi selain operator Telkomsel. Saat ini operator tersebut masih dalam proses perakitan tower BTS, seperti di Cemaga, wilayah Ranai, Sepempang, dan beberapa titik lainnya.

”Smartfren ini kabarnya menggunakan layanan palapa Ring Barat. Mudah-mudahan Telekomunikasi di Natuna terus merata hingga ke pelosok,” harapnya.(arn)

Update