Sabtu, 20 April 2024

IMCTC Ajak Indonesia Gabung

Berita Terkait

ilustrasi

batampos.co.id – Upaya memberantas terorisme menjadi prioritas semua negara saat ini. Tidak hanya menjadi urusan negara itu sendiri, upaya membentuk aliansi antarnegara untuk memberantas kejahatan luar biasa tersebut juga aktif dilakukan. Salah satu yang agresif adalah Arab Saudi.

Negara paling berpengaruh di Timur Tengah itu mensponsori berdirinya koalisi militer negara-negara Islam untuk memberantas terorisme (Islamic Military Counter Terrorism Coalition/IMCTC) pada November 2017. Selama setahun sejak berdiri, Saudi berhasil menggaet 41 negara muslim di Asia dan Afrika untuk bergabung. Beberapa negara yang dikenal dekat dengan Saudi langsung bergabung, misalnya Bahrain, Mesir, Kuwait, Qatar, dan Pakistan.

Agar koalisi itu semakin kuat dan efektif, IMCTC berharap Indonesia, sebagai negara berpenduduk muslim terbesar, ikut berperan serta seperti negara tetangganya, Malaysia.

’’Terorisme itu terjadi lintas negara, maka mereka bisa dikalahkan jika semua negara berkoordinasi untuk memberantas segala bentuk terorisme dan ekstremisme,’’ jelas Ketua IMCTC Jenderal Rahid Syarif di Riyadh kemarin.

Negara-negara Islam paling membutuhkan koalisi itu karena organisasi teroris telah mendistorsi nilai-nilai Islam.

’’IMCTC penting untuk menegakkan nilai-nilai moderasi Islam yang memegang prinsip perdamaian dan toleransi,’’ lanjut Jenderal Rahid Syarif.

Meskipun disponsori Arab Saudi, Jenderal Syarif adalah tokoh militer asal Pakistan. Jabatan tertinggi di IMCTC itu akan digilir di antara anggota dua tahun sekali.

Dalam kesempatan kemarin, IMCTC menerima kunjungan delegasi Indonesia untuk pameran budaya terbesar Al Janadriyah yang dipimpin Mayjen Sjafrie Samsoedin.
Rombongan diajak berkeliling ke kantor pusat IMCTC yang sedang dalam proses akhir konstruksi.

’’Semua perwakilan anggota kami sediakan kantor di sini dengan fasilitas lengkap. Sebuah masjid yang besar dan parkir luas sedang dalam penyelesaian,’’ jelas Mohammad Ibrahim Alzaben, representasi IMCTC dari militer Saudi. (kim/jpg)

Update