foto: batampos.co.id / slamet

batampos.co.id – Kapal bertuliskan EUKOR yang mengangkut sekitar 3 ribu mobil mewah dari Jerman tujuan Australia transit di pelabuhan PT Bintan Offshore Marine Centre (BOMC) di Kawasan Industri Bintan (KIB) Lobam Kabupaten Bintan sejak 3 hari yang lalu.

Pantauan di lapangan beberapa mobil mewah tersebut bergerak keluar dari kapal. Selanjutnya mobil-mobil tersebut dipakirkan secara rapi dua berbaris di area perusahaan.

Seorang pekerja Lobam menuturkan, mobil-mobil dengan setir sebelah kanan ini kabarnya dikirim dari Jerman ke Australia.

“Katanya transit saja di Lobam,” kata pekerja itu.

Kasi P2 Bea dan Cukai Tanjungpinang Wicaksono menuturkan, mobil-mobil mewah tersebut akan dikirim ke Australia. Biasanya sebelum masuk Australia, akan ada pemeriksaan karantina.

“Jika dalam pemeriksaan karantina di Australia, bila ada 1 mobil saja yang dicurigai biasanya kapal akan disuruh kembali,” kata dia.

Untuk itu, sebelum masuk ke pemeriksaan karantina di negara Australia biasanya dilakukan proses sterilisasi.

“Istilahnya  fumigasi,” kata dia.

Tahapan ini biasanya dilakukan di negara terdekat.

Menurutnya, dipilihnya KIB Lobam mungkin karena ada kerja sama atau lainnya dengan PT. BOMC sehingga tahapan sterilisasi ini dilakukan
di KIB Lobam.

“Jadi mobil ini cuma keluar dari palka kapal, kemudian masuk lagi ke kapal. Karena mobilnya banyak diperkirakan fumigasi akan berjalan 10 hari,” kata dia.

Dia menegaskan, dokuman muatan lengkap.

“Mobil – mobil mewah ini akan dikirim
ke Australia, bukan untuk di Indonesia. Dokumennya juga resmi, legal dan lengkap,” tutup dia.

Kapolres Bintan AKBP Boy Herlambang menyampaikan, ini menjadi ranah Bea dan Cukai karena kawasan kepabeaan. Untuk dokumennya, katanya legalitasnya lengkap.

“Lobam mengeliat lagi, bagus untuk Bintan,” kata dia.

Kapal yang merapat itu ternyata bernama MV Morning Composer berbendera Panama. Ia membawa 3.442 unit mobil, tujuan Australia.

Untuk keperluan fumigasi kapal akan bersandar selama 2 Minggu (4 hari bongkar, 4 hari uat) (met)

Yuk Baca