Sabtu, 20 April 2024

Penumpang Kapal Mulai Padat

Berita Terkait

F. AULIA RAHMAN/BATAM POS
Aktivitas bongkar muat barang di Pelabuhan Penagi, Tanjungpayung, Natuna berlangsung normal, meski saat ini sudah memasuki musim angin Utara.

batampos.co.id – Mobilitas penumpang di pelabuhan Selat Lampa Natuna meningkat dibanding hari biasa. Bahkan calon penumpang yang akan melakukan liburan ke luar daerah hampir tidak kebagian tiket.

Kepala Dinas Perhubungan Pemkab Natuna Iskandar DJ mengatakan, lonjakan penumpang jalur laut di Natuna terjadi peningkatan dalam satu pekan terakhir. Namun lonjakan penumpang masih dapat diatasi oleh pihak Pelni, sehingga tidak ada penumpang batal berlayar.

Sejauh ini rutinitas kapal Pelni menuju Natuna ke luar Natuna tetap normal. Terdapat satu kapal KM Bukit Raya dan tiga kapal Perintis yang melayani rute ke Natuna, Tanjunpinang maupun menuju Kalimantan.

”Pekan lalu, sekitar 600 penumpang menggunakan kapal Pelni menuju Tanjungpinang. Memang arus penumpang lebih tinggi dari biasanya,” katanya, Minggu (23/12).

Diakui Iskandar, sebelumnya sempat beberapa calon penumpang mengeluhkan tidak kebagian tiket Pelni. Namun sudah diatasi, karena pelayaran empat armada kapal Pelni rute Natuna berjalan normal. Termasuk kondisi jalur udara dari Natuna menuju Batam.

”Permintaan jalur laut dan udara tahun ini meningkat. Karena musim libur sekolah dan liburan akhir tahun, memang lebih banyak warga berlibur ke luar daerah,” kata Iskandar.
Sementara untuk arus barang sambungnya, meski sudah musim angin Utara kapal barang tetap berlayar normal ke Natuna.

Terutama untuk memasok kebutuhan pokok masyarakat. Sejauh ini belum terdapat larangan berlayar khusus kapal barang untuk wilayah peraiaran Natuna Utara dan Laut China Selatan. (arn)

Update