batampos.co.id – Musisi jazz dari Afrika Selatan, Musa Manzini melakukan pertunjukkan yang tidak ­biasa saat dia memainkan gitarnya di atas meja operasi dengan dokter bedah mengoperasi otaknya.

Video musisi sekaligus dosen universitas itu sedang memainkan gitarnya diambil di tengah operasi tumor otak selama enam jam yang dia jalani.

Loading...

Manzini tampak berbaring di meja operasi dikelilingi oleh staf medis berpakaian lengkap, memainkan gitarnya.

“Pertunjukkan” yang dilakukan Manzini membuat dokter-dokter di rumah sakit di Kota Durban, Afrika Selatan, tempatnya menjalani operasi dapat mengetahui dan mengamati bagian otak Manzini yang memainkan musik. Hal ini membuat mereka dapat menghindari mengoperasi daerah tersebut dan mengembalikan sebagian pergerakan jarinya yang terpengaruh oleh tumor.

“Saya merasa sangat canggung dan tidak nyaman,” kata Manzini kepada Reuters, Minggu (23/12) lalu, sepekan setelah operasi.

“Berada di antara anestesi umum dan bangun dan mendengar suara obor di dalam otak Anda … sangat sulit untuk berkonsentrasi.”

Dokter memilih untuk membuat Manzini tetap sadar untuk menilai area otak mana yang berfungsi saat operasi berlangsung dan membantu mengurangi risiko kerusakan neurologis.

“Operasi itu sukses karena risiko terbesarnya adalah kelumpuhan. Saya tidak lumpuh, dan saya masih memiliki kendali atas anggota tubuh saya dan dengan demikian dalam semangat yang baik dan pulih dengan baik, ” ujar Manzini.

Dia mengatakan akan segera kembali ke panggung setelah pulih dari operasinya. (dka/jpg)

Loading...