Kamis, 25 April 2024

Perekaman e-KTP Serentak Nasional Dilaksanakan, Hari Ini

Berita Terkait

foto: batampos.co.id / dalil harahap

batampos.co.id – Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kota Batam menggelar perekaman Kartu Tanda Penduduk elektronik (e-KTP) serentak khusus pemula secara nasional seluruh indonesia, Kamis (27/12/2018) hari ini.

Kepala Dinas Dukcapil Kota Batam Said Khaidar menga-takan perekaman serentak ini berdasarkan instruksi Direktur Jenderal (Dirjen) Dukcapil Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) untuk bergerak serentak melakukan layanan jemput bola perekaman e-KTP di 514 kabupaten/kota.

”Jadi, kita ikut instruksi dari pusat saja, supaya tidak menyimpang dari arahan, walaupun sebelumnya kita selalu melakukan rekam e-KTP setiap harinya,” ujarnya, Rabu (26/12).

Said menjelaskan, perekaman e-KTP secara serentak ini khusus diarahkan untuk pemilih pemula yang akan ikut serta dalam Pemilihan Umum (Pemilu) April 2019 mendatang.

”Targetnya adalah siswa SMA, SMK, Perguruan Tinggi, pondok pesantren, atau pemilih yang berada dalam rumah tahanan, lapas atau tempat lain yang memiliki jumlah pemilih yang terkonsentrasi seperti perusahaan dan perkantoran,” ungkapnya.

Ia mengatakan, Disdukcapil Batam akan melakukan perekaman serentak ini pada dua lokasi di Batam, yakni

  • Nagoya Hill Mall
  • Kantor Camat Galang.

”Karena sekarang musim libur sekolah, jadi kedua tempat ini dirasa cocok untuk dilakukan, agar mendapatkan target pemula,” kata Said.

Lebih lanjut ia menjelaskan, hasil pelayanan jemput bola perekaman e-KTP ini akan dilaporkan secara berjenjang kepada gubernur dan selanjutnya gubernur melaporkan kepada Kemendagri melalui Dirjen Dukcapil.

”Sehingga data ini akan sampai di pusat serentak dengan 514 kabupaten/kota lainnya yang ada di Indonesia,” jelasnya.

Memang dalam perekaman ini tidak ada target angka yang akan dicapai, namun bagi anak-anak yang umurnya sudah memasuki 17 tahun sebelum April 2019, silakan melakukan perekaman.

”Sehingga dari hasil perekaman pemula yang sudah diperoleh dilaporkan ke KPU untuk dimasukan ke dalam DPT (daftar pemilih tetap, red) pemilu,” terangnya.

Masih kata Said, ia akan berkoordinasi dengan sekolah-sekolah yang sudah dilakukan perekaman e-KTP, yang sebelumnya dijalankan setiap hari oleh petugas Disdukcapil Batam.

”Hingga April 2019 itu berapa jumlah siswa yang sudah dilakukan perekaman e-KTP, dan mereka harus masuk dalam DPT,” tutupnya.

Disdukapil Diserbu Warga

Hari pertama masuk kerja usai libur Natal, Kantor Disdukcapil Kota Batam di Sekupang, kembali ramai didatangi warga, kemarin. Pantauan Batam Pos hampir semua loket pelayanan yang ada di kantor Disdukcapil dipenuhi oleh masyarakat dengan keperluan masing-masing. Terpantau buku tamu pada pelayanan pembuatan surat pindah datang dan keluar hingga pukul 10.50 WIB sekitar 50 orang yaang telah melakukan pendaftaran.

Kepala Disdukcapil Batam Said Khaidar mengatakan, karena dua hari lalu libur Natal, makanya kemarin dari pagi sudah ramai oleh masya-rakat yang datang dengan berbagai keperluan. ”Lihat saja semua loket ada yang antre, kursi di ruang tunggu penuh semua,” sebutnya.

Said mengatakan, pada dasarnya kantor Disdukcapil setiap hari selalu ramai, ada yang mengurus e-KTP, surat pindah datang dan keluar, akta kelahiran dan kematian, legalisir e-KTP, dan keperluan lainya.

”Setiap hari kerja tidak ada hentinya pelayanan di sini, selalu ramai masyarakat yang datang,” ujarnya.

Galih, 25, bapak satu anak ini mengaku sudah datang ke kantor Disdukcapil sejak pukul 08.00 WIB untuk mengurus surat pindah ke Jawa. Demikian juga sudah banyak warga lainnya yang berdatangan.

”Dari pagi sudah ramai. Sudah banyak warga antre, apalagi di ruang tunggu pengurusan akta kelahiran dan kematian sampai berdesakan saya lihat,” katanya.

Senada dengan Randi. Pria 23 tahun itu sedang mengurus legalisir e-KTP untuk pembuatan kartu Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP). Ia sudah datang dari pukul 08.30 WIB. Ia sengaja datang sebelum tahun baru, karena takut di awal tahun lebih ramai.

”Sekarang saja sudah antre hampir dua jam, nggak tahu bisa selesai hari ini (kemarin, red) atau tidak,” imbuhnya.(cr2)

Update