Sabtu, 20 April 2024

Enam Kandidat Berebut Direksi BUMD

Berita Terkait

batampos.co.id – Enam peserta memperebutkan jabatan Direksi BUMD Kabupaten Lingga. Mereka mengikuti psikotes yang digelar Pemerintah Kabupaten Lingga di Hotel One, Dabo Singkep, Kamis (27/12/2018) pagi.

Sebelumnya seluruh peserta telah lulus dalam tahap administrasi.

“Saat ini kami sedang menggelar tes psikotes bagi enam peserta yang mengikuti pencalonan sebagai direksi BUMD,” ujar Kabag Ekonomi Sekda Lingga Badoar Herry di tempat yang sama.

Psikotes ini sebagai tes pertama yang akan dilalui seluruh peserta dengan empat tahapan. Kemudian tes uji kelayakan kepatutan, tes tertulis dan keahlian, kemudian ditutup dengan tes wawancara oleh penguji yang telah ditentukan Pemkab Lingga.

Pemkab Lingga bermaksud serius menjaring kandidat terbaiknya untuk menakhodai BUMD Kabupaten Lingga. Diharapkan BUMD Lingga menjadi motor penggerak ekonomi.

”Setelah mendapat hasil dari serangkaian tes ini, dari enam peserta akan muncul tiga nama yang akan diajukan dan ditetapkan sebagai direksi BUMD,” ujar Badoar Herry.

Lebih lanjut, Badoar Herry mengatakan, untuk jabatan komisaris BUMD Lingga ada empat orang yang mendaftar, namun dari keseluruhan pendaftar itu tiga di antaranya mengundurkan diri dengan tidak menghadiri psikotes sebagai rangkaian tes. Sehingga otomatis peserta yang tersisa dan lulus melalui serangkaian langsung akan direkomendasikan kepada bupati untuk menjabat komisaris BUMD.

Badoar mengaku, perekrutan direksi dan komisaris BUMD Lingga dilakukan sesuai dengan Peraturan Pemerintah No 54 Tahun 2017 Tentang BUMD. Semua peserta yang ikut tes diberlakukan hal yang sama, tidak ada deskriminasi yang dilakukan untuk menangkan seseorang.

”Hasil tes akan diumumkan secara transparan kepada peserta,” kata Badoar.

Badoar juga menargetkan pada akhir Desember hasil tes sudah diserahkan kepada bupati.
Karenanya, Badoar memastikan pada awal tahun depan BUMD Lingga telah memiliki komisaris dan direksi yang profesional dan berkualitas. (wsa)

Update