Jumat, 29 Maret 2024

Ratusan Warga Tinggalkan Lingga

Berita Terkait

batampos.co.id – Sehari sebelum pergantian tahun, aktivitas pelabuhan utama keluar masuk Kabupaten Lingga yakni Pelabuhan Jago terlihat membludak. Seluruh feri yang keluar dari Kabupaten Bunda Tanah Melayu sarat dengan penumpang, baik tujuan Tanjungpinang maupun Batam.

“Ada tiga feri yang saat ini melayani penumpang, dua tujuan Tanjungpinang dan satu untuk penumpang tujuan Batam,” kata Petugas jaga pelabuhan Jago KPLP Dabo Singkep, Abdul Jamal saat ditemui di Pelabuhan Jago, Minggu (30/12/2018) pagi.

Dari data yang dikantongi Abdul Jamal, setiap kapal yang berangkat keseluruhannya membawa penumpang di atas angka seratus orang. Yakni feri Super Jet tujuan Tanjungpinang mengangkut penumpang sebanyak 106 dewasa dan 31 anak.

Selanjutnya, feri Lintas Kepri tujuan Tanjungpinang dengan rute menyambangi pulau-pulau mengangkut penumpang sebanyak 124 dewasa dan 42 anak.

Yang terakhir, feri Sabang Marindo tujuan Batam berangkat dengan membawa penumpang sebanyak 113 dewasa dan 27 anak.

Abdul Jamal menambahkan, KPLP Dabo Singkep sebagai kan­­tor pengawas untuk Pela­buhan Jago telah memberikan arahan kepada seluruh feri yang berangkat untuk melalui laut sebelah dalam atau dekat dengan pulau. Ini mengingat kondisi cuaca yang cepat berubah.

Sementara itu di lokasi yang sama, Kanit Patroli Satpol Air Polres Lingga, Aipda Tarman mengatakan, satuan polisi air Polres Lingga telah mempersiapkan satu unit armada untuk berjaga-jaga dan melakukan pengamanan di sekitar perairan Kabupaten Lingga.
Hal ini bertujuan untuk melakukan pertolongan jika terjadi kecelakaan laut.

“Kami sudah mempersiapkan satu unit armada cepat untuk melayani dalam hal pengamanan di atas laut,” kata Tarman.

Peningkatan penumpang transportasi laut ini juga diamini salah satu operator Putra Ayun.

Menurut pria yang sering mangkal di pelabuhan Jago ini, peningkatan pada libur akhir tahun ini mencapai angka 200 persen jika dibandingkan dengan jumlah penumpang pada hari-hari biasanya.

“Peningkatan penumpang ya berkisar dua kali lipat dibanding hari biasa,” kata Putra Ayun. (wsa)

Update