batampos.co.id – Samsung kabarnya sedang mempersiapkan perangkat pintar berupa sepatu. Ya, sepatu.

Sebagaimana JawaPos.com kutip dari laman LetsGoDigital, Rabu (2/1/2019), Samsung mematenkan sepatu pintar untuk pelari yang ingin meningkatkan kinerja pelatihan mereka. Sepatu lari pintar ini kabarnya mampu memberikan feedback secara real-time tentang porsi latihan mereka. Berbekal koneksi ke perangkat smartphone tentunya.

Bukan kali pertama, Samsung ternyata telah memiliki beberapa pengalaman dengan produk pakaian pintar. Pada gelaran pameran teknologi IFA 2015 lalu di Berlin, Jerman Samsung C&T Fashion Division memperkenalkan merek pakaian pintar mereka sendiri, The HumanFit.


Pada hari yang sama perusahaan tersebut juga memperkenalkan jas pria pintar. Awal tahun ini Samsung juga memperkenalkan setelan latihan cerdas, Samsung SmartSuit yang dapat digunakan oleh atlet di Belanda untuk berlatih mempersiapkan diri di Olimpiade Musim Dingin.

Sejauh ini, Samsung memang belum meluncurkan sepatu pintar. Namun, perusahaan itu mengumumkan ketersediaan sepatu pintar Iofit di MWC 2016 dua tahun lalu. Sepatu pintar ini dapat dihubungkan ke smartphone dan dirancang khusus untuk pegolf. Sepatu Iofit dikembangkan oleh Salted Venture, startup spin-off dari Samsung’s Creative Lab. Proyek ini diluncurkan melalui situs web crowdfunding Kickstarter.

Terbaru, sebuah paten menunjukkan perusahaan dapat memperkenalkan sepatu pintar Samsung dalam waktu dekat. Pada Agustus 2018 lalu, Samsung C&T Corporation mengajukan dua paten desain ke Kantor Paten di Korea (KIPO). Paten diberikan pada 27 Desember 2018 dan menunjukkan berbagai gambar membuat sepatu lari dengan sensor di bagian belakang.

Sepatu pintar Samsung yang dipatenkan terbuat dari kulit dan bahan sintetis. Terlihat dalam gambar ada Model A dan Model B. Model A dapat dinyalakan dan dimatikan dengan menarik tab. Model B juga dilengkapi sensor di bagian belakang. Model B ini pengguna harus membuka tutup plastik untuk mengaktifkan fungsi pintar.

Sepatu olahraga pintar Samsung tersebut tampaknya bekerja dalam kombinasi aplikasi. Pejalan kaki atau pelari dapat dengan mudah menentukan tujuan kebugaran mereka dan melacak aktivitas secara real-time. Mungkin Samsung juga akan memberikan sepatu pintar dengan kemampuan Artificial Intelligence (AI) agar proses pelatihan semakin disesuaikan dengan situasi pribadi pengguna.

Paten desain yang ada menunjukkan bahwa pengembangannya dalam kondisi yang relatif maju. Jika benar demikian, diprediksi bahwa gelaran Consumer Electronic Show (CES) 2019 di Las Vegas, Amerika Serikat (AS) akan menjadi momen tepat bagi Samsung untuk meluncurkan sepatu olahraga pintar mereka.

Mengapa diprediksi demikian? Pasalnya tahun lalu, sepatu lari pintar lainnya, Sensoria juga diluncurkan di gelaran CES. Sepatu olahraga ini sebenarnya terlihat sangat mirip dengan desain Samsung. Pabrikan smartphone lain, seperti Xiaomi dan Lenovo, juga memiliki sepatu pintar dengan sensor yang masih dalam pengembangan.

Sumber: LetsGoDigital

(ryn/JPC)

Loading...