Jumat, 19 April 2024

Tempat Pembuangan Sementara Liar Muncul Lagi, Dinas Lingkungan Hidup Kesulitan Menertibkan

Berita Terkait

ilustrasi sampah.
foto: batampos.co.id / dalil harahap

batampos.co.id – Masyarakat Batam masih saja membuang sampah sembarangan. Itu bisa dilihat dari banyaknya Tempat Pembuangan Sementara (TPS) liar di pinggir jalan.

Seperti di jalan lingkungan Perumahan Putra Jaya Residence, Tanjunguncang. Tumpukan sampah plastik yang dibungkus rapi berserakan di pinggir jalan dan sengaja dibuang warga sekitar sembari melintas di lokasi tersebut. Aroma sampah tersebut cukup mengganggu penciuman.

Fitri, warga setempat menga-takan jika sampah itu memang dibuang warga karena tak punya pilihan lantaran jadwal pengangkutan sampah di perumahan itu hanya satu kali dalam seminggu.

”Di sini juga tak ada bak sampah. Bukan hanya kami yang buang, tapi ada warga ruli (rumah liar) juga,” ujarnya, Selasa (1/1/2019).

Dia mengatakan, di area tersebut terdapat tiga titik lokasi pembuangan sampah dan sudah ditutup petugas kebersihan. Namun belakangan, dua titik lainnya kembali muncul dan digunakan warga untuk membuang sampah.

”TPS yang ada baknya cuma di Fanindo saja. Jauh sekali harus ke sana,” ucapnya.

Kepala Bidang Persampahan, DLH Batam Faisal Novrieco tak menampik jika masih ba-nyak TPS liar yang tersebar di Batam. Ia sendiri mengaku kesulitan untuk menertibkan. Meskipun sudah dipasang tulisan dilarang buang sampah, masyarakat tetap saja melakukannya.

”Ini selalu terjadi, ketika kami tutup tiga, muncul TPS liar yang baru,” sesalnya.

Untuk sampah di pinggir jalan utama, tetap diangkut setiap hari. Namun, jika lokasinya tak terpantau memang banyak yang terlewat.(yui)

Update