Jumat, 29 Maret 2024

Akta dan KK Pakai Tanda Tangan Digital

Berita Terkait

batampos.co.id – Tahun 2019 ini, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kota Batam akan menerapkan tanda tangan digital untuk mempermudah dan mempercepat pengurusan Akta dan Kartu Keluarga (KK).

”Tinggal tunggu juknis (petunjuk teknis, red) saja. Kalau kami menyambut baik rencana ini,” kata Kepala Disdukcapil Kota Batam Said Khaidar, Rabu (2/1).

Ia menjelaskan untuk pengurusan KK, akta lahir, kematian, dan pernikahan membutuhkan tanda tangan pejabat dalam hal ini kepala dinas, agar memiliki legalitas dan diakui tentunya.

”Tak seperti e-KTP yang tidak membutuhkan tanda tangan kepala dinas. Untuk dokumen lain penting,” sebutnya.

Setiap hari ada ratusan permohonan pengurusan akta dan KK yang masuk ke Disdukcapil. Meskipun saat ini pengurusan KK sudah di tingkat kecamatan, namun legalitas tetap dipegang kepala dinas.

”Jadi, setiap selesai cetak harus ditanda tangan dulu. Dan itu jumlahnya tidak sedikit. Sekali tanda tangan mau ribuan juga dan itu manual semua,” jelas Said.

Untuk itu, adanya gebrakan tanda tangan digital ini, menurutnya sangat membantu. Selain mempercepat legalitas, tentu menggunakan sistem penumpukan bisa dihindari. Warga yang mengajukan juga tidak menunggu lama agar dokumen mereka selesai.

”Kalau benar diterapkan (tanda tangan digital, red) bisa jadi waktu pengurusan jadi lebih singkat. Mungkin dari 14 hari jadi lima atau tujuh hari,” imbuhnya.

Lebih lanjut dia menuturkan, beberapa waktu lalu pihaknya juga sudah menghadiri sosia-lisasi penerapan tanda tangan digital ini di pusat. Pada dasarnya penggunaan sistem ini memudahkan.

”Nanti akan koneksi ke pusat juga. Jadi tidak bisa sembarangan juga menggunakan sistem ini. Kemarin Pak Kabid sudah ikut sosialisasinya. Tinggal menunggu kelanjutan dan waktu penerapan saja lagi,” beber Said.

Mengenai total data dokumen yang dikeluarkan Disdukcapil tahun 2018, ia menyebutkan jumlanya masih direkap.

”Yang jelas ada peningkatan sepertinya, terutama yang pemula,” tutup pria yang pernah menjabat Camat Batuampar ini. (yulitavia)

Update