Jumat, 19 April 2024

Lowongan Kerja di Batam, Sepi

Berita Terkait

Para pencari kerja di Batamindo Community Center.
foto: batampos.co.id / dalil harahap

batampos.co.id – Jumlah tenaga kerja yang terserap di kawasan Industri Batamindo tahun 2018 lebih sedikit dibandingkan tahun 2017. Jika tahun 2017 mencapai 12.376 tenaga kerja, tahun 2018 hanya menerima 4.552 tenaga kerja, yang terhitung sejak Januari sampai November 2018.

Sepinya lowongan kerja itu diakui pihak Batamindo. Selama bulan November 2018, hanya tiga perusahaan yang merekrut tenaga kerja yakni PT Dynacast, Schneider dan Patlite Indonesia. Tenaga kerja yang diambil paling banyak hanya 65 orang selama November.

Manager Admin and General Affair PT Batamindo Investment Cakrawala, Tjaw Hioeng mengaku jika jumlah tenaga kerja yang diambil sesuai dengan kebutuhan masing-masing perusahaan.

“Tergantung kebutuhan perusahaan,” ujar Tjaw Hioeng belum lama ini.

Sementara dari data yang diperoleh Batam Pos, tahun 2018, penerimaan terbanyak terjadi pada bulan Mei, yakni 962 orang, kemudian disusul bulan Juli sekitar 758 orang, sementara bulan November hanya menyerap 102 orang. Sedangkan penerimaan yang paling sedikit adalah dibulan October yakni hanya 92 orang.

Sementara, pantauan dilapangan, sejak Libur Tahun Baru 2019, sejumlah pencaker yang kerap memadati Multi Purpose Hall (MPH) Batamindo, tampak sepi. “Sepi karena masih pada liburan semua,” kata Farida, seorang pencaker saat ditemui di MPH, Rabu (2/1).

Demikian juga untuk lowongan kerja. Sejak pagi kemarin, belum ada satupun perusahaan yang menempelkan pengumuman lowongan kerja di papan informasi yang tersedia di MPH. (une)

Update