Susana kota Svalbard

batampos.co.id – Seorang tersangka perampokan bank bersenjata telah ditangkap pada Jumat, 21 Desember 2018 setelah mencuri uang dari sebuah bank di kepulauan terpencil di Norwegia, dekat Kutub Utara. Kasus ini dikatakan sebagai kasus perampokan bank pertama di wilayah itu.

Petugas keamanan mengatakan, tersangka adalah warga negara asing yang bepergian di wilayah tersebut.



Pria itu akan dibawa dan diinterogasi di kota Tromso di Norwegia Utara.

Dikutip dari laman berita Sky News, perampokan itu adalah yang pertama terjadi di Svalbard, yang terletak di tengah Samudra Arktik antara Norwegia dan Kutub Utara. Daerah itu terkenal dengan gletser dan beruang kutub yang jumlahnya lebih banyak dari populasi manusia.

“Ada perampokan bersenjata sekitar pukul 10.40 pagi,” kata Terje Carlsen, juru bicara gubernur setempat.

Dia mengatakan seorang pria dengan pistol mengambil sejumlah uang, tetapi berhasil ditangkap dengan cepat di pusat kota Longyearbyen.

Peluang perampokan yang berhasil memang sangat rendah di wilayah itu, melihat hanya ada sekira 2.000 orang yang tinggal di ibukota Longyearbyen, dan hampir setiap orang saling kenal. Selain itu, satu-satunya cara untuk meninggalkan kepulauan ini hanyalah dengan pesawat.

Kepulauan Svalbard yang masih menjadi bagian dari Norwegia, memiliki luas wilayah sekitar 60.000 kilometer persegi atau hampir dua kali dari negara Belgia. Wilayah kepulauan itu terletak sekitar 1.000 kilometer dari Kutub Utara.

Pengguna media sosial dengan cepat merespons perampokan yang gagal di wilayah dengan suhu musim dingin secara teratur turun di bawah minus 20 derajat Celcius dan bahkan bisa turun di bawah minus 40 derajat Celcius.

“Dia mungkin lupa memikirkan rute pelariannya,” tulis seorang warganet. Sementara yang lain berkomentar, “Perampokan bank yang paling gegabah dalam sejarah Norwegia.”(dra/lyn/jpg)

Loading...