Jumat, 29 Maret 2024

Potensial Muncul Hoax Politik Lagi

Berita Terkait

batampos.co.id ā€“ Kecenderungan menyebarluaskan berita bohong atau hoax sebagai modus melakukan manuver politik diprediksi masih berlanjut. Sebab, pelaksanaan pemilihan umum presiden (pilpres) dan pemilihan umum legislatif (pileg) tiga bulan lagi. Masyarakat dan semua institusi penegak hukum perlu mewaspadai kecenderungan tersebut.

Pernyataan itu disampaikan Ketua DPR Bambang Soesatyo. Dia memprediksi, setelah hoax tentang tujuh kontainer berisi surat suara pemilu yang telah tercoblos, tidak tertutup kemungkinan muncul kabar bohong lagi.

ā€™ā€™Utamanya hoax yang diarahkan untuk mereduksi kepercayaan masyarakat terhadap pelaksanaan pemilu itu sendiri,ā€™ā€™ katanya.

Menurut dia, kemunculan hoax tersebut pasti bertendensi mendiskreditkan pemerintah atau calon presiden petahana. Bambang menilai, penegak hukum harus segera dan sigap merespons hoax seperti itu. Respons terukur dari penegak hukum menjadi keharusan agar hoax seperti itu tidak meresahkan masyarakat dan tidak mengganggu keamanan serta ketertiban umum. Setiap institusi yang menjadi target hoax pun hendaknya memberikan reaksi yang cepat dengan menyampaikan penjelasan terbuka kepada semua elemen masyarakat.

ā€Pimpinan DPR mengapresiasi reaksi cepat yang dilakukan KPU dalam merespons hoax tentang kontainer berisi surat suara yang sudah tercoblos,ā€™ā€™ ujarnya.

Bukan hanya KPU, apresiasi juga patut diberikan kepada para petugas Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG). Dalam beberapa isu, BMKG langsung merespons hoax bermuatan isu tsunami maupun gempa bumi.

Bamsoet ā€“sapaannyaā€“ menambahkan, pimpinan DPR mengimbau masyarakat untuk semakin selektif dan bijaksana dalam menyikapi setiap informasi yang beredar di ruang publik. Setiap hari ada ratusan, bahkan ribuan, informasi yang beredar di ruang publik.

ā€™ā€™Pada era sekarang ini, lalu lintas informasi sudah diibaratkan debu yang bertebaran. Karena itu, sikapi setiap informasi dengan proporsional sambil berupaya melakukan konfirmasi kepada institusi-institusi yang berwenang,ā€™ā€™ paparnya. (bay/c19/fim)

Update