Sabtu, 20 April 2024

Tiang Lampu Jalan Miring Dah ….

Berita Terkait

Tiang lampu jalan di jalan Brigjen Katamso, tepatnya putaran U simpang pasar melayu miring ke arah jalan. Difoto Senin (7/1/2019). F Dalil Harahap/Batam Pos

 

batampos.co.id – Tiang lampu penerangan jalan umum di jalan R Suprapto Batuaji persisnya di U Turn depan pasar Melayu, bengkok disenggol truk bermuatan material besi. Tiang dengan ketinggian sekitar 10 meter itu miring ke arah jalan jalur menuju simpang Basecamp.

Ini mengkuatirkan sebab kondisi tiang sudah tak kokoh lagi. Tiang yang dalam posisi miring juga bergoyang saat diterpa angin. Warga pengguna jalan kuatir tiang itu akan tumbang menimpah pengendara.

“Sejak semalam (Minggu, 6/12) itu. Kesenggol truk katanya,” ujar Burhanudin, warga pasal Melayu, Senin (7/1/2019).

Truk yang menyenggol tiang lampu tersebut juga tak diketahui secara pasti sebab kejadian di malam hari dan minim saksi mata.

Pantauan di lapangan, tiang yang berdiri di tengah jalan dua jalur itu bengkok mulai dari lubang pengecekan kabel lampu penerang jalan. Lubang tersebut berjarak sekitar dua meter dari tanah atau setinggi bak truk. Posisi tiang bagian atas cukup miring dan bergoyang saat diterpa angin.

Kepala Dinas Bina Marga dan Sumber Daya Air Kota Batam Yumasnur saat dikonfirmasi mengaku sudah tahu persoalan itu. Pihaknya akan segera turun memperbaiki tiang lampu tersebut.

“Kesenggol truk. Anggota sudah ke lapangan mau perbaiki termasuk yang di Marina,” ujar Yumasnur.

Sepekan ini ada dua tiang lampu penerang jalan yang rusak. Sebelumnya pengguna jalan di Marina City juga cemas dengan kondisi tiang lampu penerang jalan di depan perumahan Permata Laguna, Marina City. Penutup tiang lampu bagian atas copot dan tergantung diatas bahu jalan. Itu terjadi pada malam pergantian tahun diduga karena terpaan angin kencang. Keesokan harinya penutup lampu itu jatuh.

Warga berharap agar instansi pemerintah terkait rutin mengecek tiang lampu penerang jalan termasuk pohon penghijau yang terlampu rimbun. (eja)

Update