ATB SCADA 4.0 Terintegrasi, hasil karya anak bangsa yang diakui industri internasional

PT Adhya Tirta Batam (ATB) dipercaya sebagai pengelola air bersih di Pulau Batam melalui konsesi 25 tahun dari Otorita Batam (kini BP Batam). Menjelang berakhirnya periode konsesi pada 2020 mendatang, ATB senantiasa melakukan pembangunan, pembenahan dan penambahan infrastruktur baik pada Instalasi Pengolahan Air maupun jaringan pipa distribusi yang terintegrasi dalam Supervisory Control and Data Acquisition (SCADA) dan Geographic Information System (GIS).

ATB menjadi perusahaan terdepan perintis konsep Smart Water Company di Indonesia. Aplikasi SCADA yang dimiliki ATB merupakan hasil karya tim internal ATB tanpa bantuan konsultan pihak ketiga. Melalui ATB SCADA 4.0 Terintegrasi, ATB memegang kendali mutu terhadap proses produksi air bersih sekaligus pendistribusiannya kepada pelanggan. ATB SCADA 4.0 telah diakui oleh perusahaan air di Indonesia dan mancanegara.

ATB menjadi acuan bagi perusahaan air lainnya dalam hal upaya menurunkan tingkat kebocoran melalui optimalisasi manajemen sumber daya, energi dan pembiayaan. Penerapan ATB SCADA 4.0 Terintegrasi terbukti menguntungkan bagi ATB dan pelanggan, karena dengan rendahnya tingkat kebocoran membuat pelanggan menerima pelayanan terbaik dari ATB.

Integrasi GIS dan SCADA menjadikan sistem ATB SCADA yang terbaik karena GIS membantu menyajikan pemetaan jaringan, lokasi logger, lokasi aset dan lokasi produksi sehingga memudahkan dalam memonitor proses serta analisa lokasi dalam SCADA.

ATB SCADA 4.0 telah meraih Platinum Award pada The Best Contact Center Indonesia 2017 untuk Kategori The Best Technology Innovation dan sederet penghargaan bergengsi lainnya. Bahkan teknologi ini telah membawa nama ATB dikenal luas oleh penggiat industri dunia.

“ATB SCADA 4.0 dibangun oleh tim internal ATB yang mengintegrasikan seluruh aplikasi terapan yang ada di seluruh unit kerja. Tidak hanya di Indonesia, dunia internasional juga telah mengakui kehebatan ATB SCADA dengan seringnya ATB menjadi pembicara dalam seminar internasional seperti SCADA World Summit dan sebagainya. ATB SCADA telah menjadi karya anak negeri yang mendunia, Indonesia wajib bangga akan hal itu”, ujar Maria Jacobus, Head Corporate Secretary ATB pada Rabu (9/1).

Transformasi dan inovasi digital yang dilakukan ATB selain untuk meningkatkan kualitas pelayanan, juga bertujuan mendukung pemerintah dalam membangun ekosistem digital serta percepatan ekonomi dalam meningkatkan daya saing industri dimasa depan.