foto: batampos.co.id / dalil harahap

batampos.co.id – Pemerintah Kota (Pemko) Batam terancam tidak mendapat bantuan rumah susun untuk 2019. Padahal, Dinas Perumahan Rakyat, Permukiman, dan Pertamanan (Disperkimtan) telah mengusulkan tiga twin blok rusun ke Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR).

Kepala Bidang Perumahan Disperkimtan Kota Batam Bambang Sukirwan menyebutkan informasi yang pihaknya dapatkan, KemenPUPR tengah fokus merehabilitasi sejumlah daerah yang terdampak bencana pada 2018 lalu.

“Di luar dugaan terjadi bencana di sejumlah wilayah Indonesia sehingga Kemen PUPR fokus di daerah bencana dulu, ini informasi yang kami dapat,” terang Bambang, Rabu (9/1/2019).

Menurut dia, dari total ajuan tersebut hanya satu twin blok yang dimungkinkan dapat terealisasi. Namua ia mengaku ragu dan menunggu keputusan lebih lanjut KemenPUPR.

“Kepastiannya Maret nanti,” sebutnya.

Harapan serupa juga disampaikan Kepala Disperkimtan Batam Eryudhi Apriadi. Ia berharap anggaran KemenPUPR ada untuk pembangunan rusun di Batam. “Kami tetap ada harapan itu (tambahan rusun).”

Ia mengungkapkan, satu unit twin blok tersebut bakal dibangun di area Rusunawa Mukaku-ning II di belakang Kawasan Industri Batamindo. (iza)

Yuk Baca