batampos.co.id – Rampung dibangun akhir Desember 2018 lalu, Gedung Pusat Layanan Usaha Terpadu Koperasi Usaha Mikro Kecil Menengah (PLUT-KUMKM) Kota Batam (samping Golden Bay) ditargetkan akan beroperasi Juni mendatang.

Kepala Dinas Koperasi dan Usaha Mikro (KUM) Kota Batam, Suleman Nababan mengatakan, sebelum PLUT yang dibangun dengan anggaran bangunan Rp 2,6 miliar dan tanah hibah pengusaha tersebut beroperasi, Kementrian Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (UKM) akan merekrut terlebih dahulu tenaga pendamping.

“Rencananya tenaga pendamping direkrut Maret ini dan dibiayai oleh Kementrian. Yang direkrut sekitar lima orang,” kata Suleman, Kamis (10/1) sore.

Sembari Kementrian Koperasi dan UKM merekrut pendamping, Pemerintah Kota (Pemko) Batam akan menyiapkan peralatan pendukung PLUT. Terkait ini, Pemko Batam menyiapkan dana Rp 200 juta. “Kementrian hanya bangun fisiknya saja,” imbuh dia.

Ia mengatakan, setelah enam bulan masa pemeliharaan pasca selesai dibangun, bangunan akan dihibahkan ke Pemko Batam.

“Setelah diserahkan, kami akan bentuk UPT untuk melakukan pengelolaan tempat itu,” ungkap dia.

Berdiri di atas lahan seluas 5.000 meter persegi, bangunan PLUT dibangun dua lantai. Lantai satu digunakan untuk menampilkan dan memasarkan produk UMKM. Dan, lantai duanya untuk kegiatan pelatihan dan pedampingan serta fasilitasi akses permodalan.

“Ke depan, tempat ini dapat dikunjungi oleh wisatawan untuk perluan membeli oleh-oleh. Kami akan kerjasama dengan ASITA (Asosiasi Tour and Travel),” pungkasnya.  (iza)

Yuk Baca