Hair Stylist Batam, Reza, menata rambut Ayu dengan potongan bob rata sedagu yang diwarnai copper gold dan highlight di Falisha Salon & Spa Batam Center, Kamis (10/1). (Febby Anggieta Pratiwi/Batam Pos)

batampos.co.id – Rambut dengan potongan dan pewarnaan yang pas jelas memengaruhi penampilan. Sese-orang akan terlihat berbeda dari biasanya. Maka sama halnya dengan fashion, rambut juga memiliki trennya sendiri.

Para hair stylist dunia pun sudah lebih dulu memprediksi tren gaya rambut yang bakal booming di 2019 ini. Untuk potongan rambut didominasi dengan potongan pendek bergelombang. Sementara pada pewarnaan lebih banyak memakai warna-warna ha-ngat seperti kuning dan merah ke oranye.

”Karena sudah diprediksi demikian, maka permintaan konsumen untuk dandanan rambut seperti itu (potongan pendek dengan warna terang, red) mulai tinggi,” kata Reza, hair stylist Batam, Kamis (10/1).


Hair stylist di Falisha Salon & Spa Batam Center ini berpendapat, hal-hal yang berkaitan dengan kekinian banyak jadi konsumsi masyarakat. Apalagi sekarang merupakan era dimana orang berani untuk tampil beda.
”Dandanan rambut ini memang menonjolkan sisi kekiniannya,” sebutnya.

Reza menjelaskan, rambut pendek dapat menegaskan bentuk wajah dan lebih simpel dalam hal perawatan. Sedangkan pewarnaan dengan warna-warna terang (hangat) agar lebih cocok dengan skin tone. ”Skin tone orang Indonesia umumnya kuning langsat, sehingga masih masuk dengan pewarnaan rambut terang,” paparnya.

Di tempatnya bekerja, potongan rambut pendek dengan model bob rata sedagu jadi favorit, terutama pelanggan yang sudah memiliki rambut tebal. Agar menambahkan sisi girly, tak sedikit yang meminta untuk memakai poni.

Kalau pewarnaan, sambung Reza, copper gold yang sering diminta konsumennya. Pasalnya lebih cocok dengan makna kekinian yang percaya diri (PD), energik, atau orang yang bebas, dan dinamis. Ditambah dengan sentuhan highlight yang dapat menonjolkan warna rambut, sehingga membuat wajah terlihat lebih cerah.

Sebagai seorang hair stylist yang juga berkecimpung di dunia make-up sejak 2008 lalu, ia juga harus memberikan edukasi, saran, maupun rekomendasi lebih dulu kepada pelanggan. ”Karena bukan hanya soal tren, tapi gaya rambut patut disesuaikan. Seper-ti orang pendiam rambutnya diwarnai dengan warna terang, pasti akan terlihat aneh bahkan tidak cocok,” ucapnya.

Begitu halnya dalam proses pewarnaan yang harus memperhatikan kondisi rambut. ”Jika belum pernah diwarnai bisa langsung memakai pro-ses bleaching, tapi kalau sudah pernah terpapar zat kimia sebaiknya dilakukan perawatan terlebih dahulu agar tidak semakin rusak dan rontok,” saran wanita asal Medan itu.

Bagi Ayu yang memilih tampil kekinian dengan potongan rambut bob sedagu dan pewarnaan copper gol, mengaku dandanan tersebut sangat cocok baginya. Ya, dengan kulit kuning langsatnya membuat Ayu terlihat shiny (berkilau) di tengah banyak orang. ”Saya suka banget model ini, sesuai dengan ekspektasi,” ujar wanita karir tersebut.

Di sisi lain, mode potongan rambut pendek menurut pelajar SMP Negeri 6 Batam Siska, membuat penampilannya lebih imut. ”Karena masih sekolah, belum berani warnain rambut. Tapi dari dulu memang suka dengan rambut pendek sebahu dan berponi, kan imut,” tuturnya.(gie)

Loading...