Murid-murid Sekolah Dasar 010 Batam kota berbaris saat upacara di hari pertama masuk sekolah, Senin (16/7/2018). Hari pertama sekolah murid baru belum ada proses belajar mengajar masih proses pengenalan lingkungan sekolah. F Cecep Mulyana/Batam Pos

batampos.co.id – Dinas Pendidikan (Disdik) Batam kebut persiapan pendaftaran penerimaan siswa baru (PPDB) yang rencananya akan dimulai Juni mendatang.

Kepala Disdik Batam, Hendri Arulan mengatakan persiapan dimulai lebih awal agar saat PPDB berlangsung pelaksanaan bisa lebih baik dari tahun sebelumnya.

Loading...

Ia menjelaskan Disdik sudah mulai mendata jumlah ruang kelas yang akan ditempati siswa baru pasca PPDB. Menurutnya selama ini permasalahan daya tampung masih menjadi kendala setiap PPDB berlangsung.

“Pasti masalahnya itu- itu saja. Daya tampung yang tersedia tidak bisa menampung pendaftar yang membludak,” sebutnya.

Tahun ini penerimaan tetap dilakukan dengan sistem zonasi. Siswa memilih sekolah yang terdekat dengan tempat tinggal mereka. Mengenai formula penerimaan saat ini masih disusun bersama.

Ia mengaku belum mengetahui apakah sistem masih sama dengan tahun lalu. Seperti penerimaan siswa di SMPN 3 dan 6 Batam yang dibuka terlebih dahulu dari sekolah lainnya.

“Ini yang lagi kami susun. Yang jelas kami tetap menunggu Juknis (Petunjuk teknis, red) dari Kemendikbud,” jelas Hendri.

Hendri menambahakan tahun ini Pemko kembali membangun 22 ruang kelas baru (RKB) yang bersumber dari anggaran pendapatan asli daerah (APBD) dan dana alokasi khusus (DAK). Pengerjaan diharapkab bisa selesai sebelum tahun ajaran baru dimulai.

“Mudah- mudahan bisa selesai. Sehingga bisa digunakan untuk menampung siswa baru,” imbuhnya.

Hendri tidak mengelak setiap tahun jumlah siswa yang masuk ke sekolah negeri selalu membludak. Bahkan tahun lalu ia terpaksa membuat sekolah baru meskipun gedungnya belum ada.

“Solusinya hanya itu, agar semua bisa tertampung. Jadi mereka harus numpang dulu sebelum memiliki gedung baru,” sebutnya. (yui)

Loading...