Bakal lokasi museum itu….
foto: batampos.co.id / cecep mulyana

batampos.co.id – Rencana menjadikan gedung astaka yang menjadi arena acara Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) ke-25 di Batam Center untuk jadi Museum Sejarah Batam, tak kunjung tereali-sasi. Padahal, museum ini digadang-gadang sebagai pusat sejarah yang merekam perjalanan Batam sekaligus medium pembelajaran yang bersifat ilmiah.

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kota Batam Ardiwinata mengatakan, pihaknya sedang mempersiapkan galeri dan mengumpulkan konten yang akan dipajang dalam museum tersebut.

”Benda-benda sejarahnya sedang kami collect (kumpulkan), semakin banyak yang didapatkan semakin baik,” ucap Ardi, Jumat (11/1/2019).

Untuk mengumpulkan konten, ia mengaku telah membentuk tim. Ardi bahkan menyebut, dari namanya saja, museum ini digadang bakal menampilkan berbagai barang bersejarah yang mere-kam jejak perkembangan Batam dari masa ke masa.

”Ada beberapa yang sudah ada di kita, dan ada juga yang diberikan oleh orang lain,” imbuhnya.

Ardi juga mengungkap, pihaknya tengah menyusun Pokok-pokok Kebudayaan Daerah (PPKD) yang di dalamnya juga terkait museum. Dalam hal ini, Disbudpar Batam akan meminta pendam-pingan dan bantuan dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) RI.

”Jadi dari Kemendikbud ada revitalisasi museum, kita harapkan ada bantuan dana dari DAK (Dana Alokasi Khusus). Itu nanti melalui (pembahasan) Bappenas (Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional/Badan Pe-rencanaan Pembangunan Nasional),” tuturnya.

Dengan begitu, sambungnya, diharapkan museum ini juga memiliki kelengkapan dan bisa menjadi referensi ilmiah di masa mendatang.

”Sehingga pemanfaatan museum ini kelak sesuai dengan konsep akademis dan ilmiah,” harapnya.

Untuk diketahui, rencana pemanfaatan gedung astaka tersebut sudah digaungkan sejak era Wali Kota Batam Ahmad Dahlan atau pada 2014 lalu pasca gelaran MTQ. Bahkan, kala itu museum diprediksi bisa beroperasi pada 2015, meski kemudian molor hingga kini. (iza)

Yuk Baca