foto: batampos.co.id / dalil harahap

batampos.co.id – Pihak kecamatan Sagulung pindahkan lima batang tiang listrik dan jaringan telekomunikasi yang ada di lingkungan Kaveling Mandiri, Kelurahan Seipelenggut Sagulung, Sabtu (12/1/2019) sore. Lima tiang tersebut mengganggu aktifitas masyarakat sebab berdiri diatas bahu jalan lingkungan.

Camat Sagulung Reza Khadafi mengatakan, sebelum pemindahan pihaknya bersama Polsek Sagulung terlebih dahulu koordinasi dengan pihak PLN dan provider telekomunikasi tersebut.

“Tidak asal pindah. Kami koordinasi dulu dengan pihak terkait baru sama-sama dipindahkan,” ujar Reza, Minggu (13/1).

Sebelum dipindahkan, tiang-tiang tersebut berdiri tegak di atas bahu jalan. Warga cukup kewalahan sebab lima tiang itu membelah jalan jadi dua lajur dan menyulitkan aktifitas masyarakat khususnya yang memiliki kendaraan roda empat. Masyarakat akhirnya mengadu ke kecamatan.

“Jalan itu memang baru disemenisasi, tiang listrik dan telkom tadi sudah duluan dipasang, tapi saat pasang mereka tidak sampaikan ke warga. Padahal lahan itu peruntukan untuk jalan lingkungan,” jelas Reza.

Respon cepat pihak kecamatan ini diapresiasi masyarakat setempat. Masyarakat berharap agar kedepannya semua pihak harus saling koordinasi sebelum memasang atau bangun sesuatu dalam lingkungan perumahan.

“Ini jadi pelajaran kita semua kedepannya. Pemilik tiang ataupun pembangun jalan harus koordinasi dengan warga atau RT/RW biar tak seperti ini jadinya,” ujar Heru, seorang warga.

Menurut Heru, persoalan itu terjadi karena kurangnya komunikasi dengan masyarakat. Pemilik tiang asal pasang saja tanpa mencari tahu dulu peruntukan lahan yang digunakan.

“Pemasangan tiang ini tanpa sosialisasi makanya saat semenisasi jalan masuk jadi tumpang tindih sepert ini. Coba kalau dari awal di kasitahu atau komunikasi dengan masyarakat tentu tak seperti ini,” katanya. (eja)

Yuk Baca