batampos.co.id – Lima windu atau 40 tahun Yayasan Keluarga Batam (YKB), menjadi pencapaian luar biasa dalam mengembangkan Sekolah Kartini Batam. Mulai dari tingkat TK hingga SMA/SMK dan SLB, Sekolah Kartini mampu mewujudkan penyelenggaraan pendidikan yang berdaya saing global berbasis religius. Untuk itu, YKB pun tak tanggung-tanggung menggelar beragam acara yang di mulai sejak Maret 2018 hingga ditutup Sabtu (12/1) ini.

“Di peringatan HUT ke 40 tahun YKB sangat berbeda dari tahun-tahun sebelumnya, karena banyak pencapaian-pencapaian yang diraih dalam pembangunan pendidikan anak,” terang Ketua YKB Sri Soedarsono yang memimpin upacara penutupan Gebyar 5 Windu YKB di lapangan SMA Kartini, kemarin.

Sebagai sekolah swasta yang aktif di segala kegiatan peningkatan mutu siswa dan guru, Sekolah Kartini mendorong anak didik untuk menyesuaikan diri dengan revolusi industri 4.0 agar tidak tertinggal. “Mengikuti kemajuan teknologi menjadi modal untuk siap bersaing dalam dunia kerja di era globalisasi ini. Untuk kami juga harus segera menyesuaikan,” ujarnya.

Kepala Dinas Pendidikan Kota Batam Hendri Arulan yang hadir dalam kegiatan tersebut mengungkapkan, apresiasi yang besar untuk YKB dalam mencerdaskan anak bangsa. “Sama-sama kita tahu bahwa YKB sangat banyak berkontribusi terhadap pendidikan anak di Kota Batam. Meskipun pemerintah bertanggungjawab penuh terhadap sekolah negeri, namun perkembangan sekolah swasta tetap menjadi perhatian kami,” tutur Hendri.

Mengangkat tema ‘Cerdas Anak Kartini Cerdas Bangsaku’, Ketua Panitia Pelaksana Retno Winaryanti menyebutkan, kegiatan penutupan Gebyar 5 windu YKB diawali upacara yang dihadiri sejumlah siswa/i dan guru SekoLah Kartini Batam. Lebih kurang ada 2.600 peserta upacara. Dilanjutkan acara pawai (defile) masing-masing tingkat sekolah, penampilan seni, dan permainan tradisional balap karung.

“Nanti malam (kemarin,red) menjadi malam apresiasi untuk para penyelenggara Gebyar 5 windu YKB yang diisi dengan acara makan malam bersama dan hiburan di Swiss-Belhotel Harbour Bay, Batu Ampar,” tutup Retno. (nji)

Yuk Baca