batampos.co.id – Keberadaan truk pengangkut tanah yang tanpa penutup sudah sangat meresahkan pengendara yang melintas di jalan R Suprapto dan Brigjen Katamso, Batuaji. Pasalnya, tanah yang tumpah dari truk tersebut menyebabkan jalan yang berdebu ketika panas dan licin ketika diguyur hujan.

Akibatnya, tidak sedikit pengguna jalan Brigjen Katamso, Tanjunguncang yang mengeluhkan kondisi ini dan meminta kepada aparat kepolisian melakukan penertiban terhadap truk pengangkut tanah tersebut.



Wakil Kasat Lantas Polresta Barelang AKP Kartijo berjanji akan menindak lanjuti keluhan dari pengguna jalan tersebut.

“Nanti kita suruh anggota untuk melakukan pengecekan di lapangan. Unit Lantas kita ada di Polsek maupun Unit Lantas Polres yang di Simpang Basecamp, mereka yang nanti kita suruh untuk lakukan pengecekan,” ujarnya.

Jika memang ditemukan, Kartijo memerintahkan anggotanya untuk melakukan penilangan terhadap truk tanah yang tidak menutup muatan mereka dan menyurati perusahaan yang mempunyai truk tanah tersebut.

“Kita pasti akan melakukan penindakan jika kita temui di lapangan. Untuk saat ini, kita minta anggota kita untuk mengecek dulu, karena kita belum tahu jalan yang dilaluinya,” imbuhnya.

Sebelumnya, aktifitas truk proyek yang dikeluhkan itu diakui warga pengguna jalan berlangsung sepanjang hari. Aktifitas mereka sepertinya tak diatur sehingga bebas kapan dan di mana saja. Mulai dari pagi hingga sore hari kerap menyebabkan kemacetan sebab kendaraan proyek tersebut bergerak pelan dan menumpahkan material tanah di sepanjang jalan.

Pengendara lain harus ekstra hati-hati sebab harus berhadapan dengan debuh yang bertebaran di sepanjang jalan. Warga kembali mempertanyakan pengawasan instansi pemerintah terkait yang memberikan izin operasi kendaraan proyek tersebut.

“Katanya kendaraan proyek ada jalur khusus atau (aktfitas) di malam hari, tapi di sini sepertinya tak ada aturan. Bebas saja truk-truk ini bahkan muatan tanah yang tumpah dibiarkan begitu saja,” ujar salah seorang pengguna jalan, Fadli. (egi)

Loading...