batampos.co.id – Berhasil menjuarai Batam Pos-Honda Student Basketball League (HSBL) ketiga di kategori tim putri, Sekolah Menengah Atas (SMA) Mondial Batam tetap optimis mempertahankan gelar juara pertama yang diraih tahun lalu. Meski berbeda hasil dengan tim put-ranya, sekolah berbasis international ini tetap menurunkan tim putra dan putri di perhelatan HSBL keempat.

Pelatih tim basket SMA Mondial Swandy Pardomuan yang akrab disapa Pardo mengatakan, Batam Pos-HSBL sudah menjadi agenda turnamen rutin yang harus diikuti.

”Dari awal pelaksanaan Batam Pos-HSBL, SMA Mondial tidak pernah alpa jadi peserta,” ujar Pardo, Senin (14/1/2019).

Ia mengaku, pencapaian terbaik anak didiknya yakni saat digelarnya Batam Pos-HSBL pertama untuk tim putri. Bahkan, predikat Most Valuable Player (MVP) dalam partai final kategori putri HSBL tahun lalu diraih pemain SMA Mondial, Karen.

”HSBL untuk tim putri baru tahun kemarin digelar dan kami bisa meraih juara 1 juga pemain terbaik. Itu sangat membanggakan,” terangnya.

Atas pencapaian itu, lanjut Pardo, para pemain harus dapat menunjukkan progres yang maksimal di pertandingan-pertandingan berikutnya.

”Tidak hanya untuk tim putri, tapi tim putra juga bisa termotivasi untuk menaklukkan lawan,” jelas guru olahraga SMA Mondial ini.

Bagi tim putri ditargetkan untuk bisa mempertahankan gelar juara 1, sedangkan tim putra bisa bermain maksimal mengejar juara.

”Setidaknya (tim putra, red) bisa masuk tiga besar,” harap Pardo.

Mendekati hari pelaksanaan yang rencananya akan digelar mulai 25 Januari nanti, pelatih basket SMA Mondial inipun sudah menerapkan latihan rutin dari hari-hari biasanya. Jika sebelumnya rutin sekali seminggu, sekarang sudah diterapkan latihan tiga kali seminggu.

”Minggu depan mulai latihan lima kali seminggu agar maksimal,” ungkapnya.

Menurutnya, mempertahankan juara akan lebih sulit dibandingkan mengejar juara.

”Bisa dibilang, penekanannya juga cukup ekstra melalui latihan supaya olah fisik dan skill ma-sing-masing pemain semakin tertempa,” tegas Pardo. (nji)