Selasa, 23 April 2024

Disdik Pemko Batam Bangun 64 RKB

Berita Terkait

Murid kelas I SD 002 Batam kota yang baru tersenyum saat masuk pada hari kedua masuk sekolah, selasa (17/7/2018). Selama tiga hari murid baru ini belum ada proses belajar mengajar masih proses pengenalan sekolah. F Cecep Mulyana/Batam Pos

batampos.co.id – Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Batam akan membangun 64 ruang kelas baru (RKB) pada tahun 2019 ini. Anggaran pembangunan 42 RKB bersumber dari Dana Alokasi Khusus (DAK) dan 22 RKB dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD).

Kepala Disdik Kota Batan, Hendri Arulan menyebutkan pembangunan RKB yang bersumber pendanaannya dari DAK akan memprioritaskan sekolah-sekolah yang masih menumpang di sekolah lain. Sebab, kata dia, ada siswa yang terpaksa menumpang di gedung sekolah lain karena sekolah kelebihan siswa.

Selain itu, sambungnya, ada juga yang terpaksa menjalankan aktivitas belajar di musala karena terbatasnya ruang belajar, sehingga harus dipindahkan ke sekolah lain agar tetap bisa belajar di ruang kelas.

”Seperti murid SDN 013 Sagulung yang terpaksa meminjam salah satu ruangan milik SMPN 35 Batam agar proses belajar tetap berlangsung,” ujarnya.

Sekolah yang masih meminjam ruangan sekolah lain tersebut masuk dalam prioritas Disdik untuk mendapatkan bantuan penambahan infrastruktur berupa pembangunan RKB pada tahun ini.

”Iya, kami berharap pendidikan lebih baik tahun ini. Kebutuhan siswa bisa diakomodir seperti kebutuhan ruang belajar,” terangnya.

Tahun ini, sambungnya, Disdik Batam akan membangun 42 RKB dari DAK itu. Jumlah ini akan diperuntukkan bagi sekolah yang benar-benar membutuhkan RKB.

”Sekolah akan diseleksi. Yang urgent akan men­dapatkan pembangunan RKB duluan. Kami harus melihat yang prioritas,” tegasnya.

Hendri mengakui hingga saat ini masih kekurangan banyak RKB untuk menunjang pelaksanaan proses belajar dan mengajar siswa. Untuk itu, setiap tahun pihaknya selalu berusaha untuk membangun RKB baik melalui APBD dan DAK.

Selain DAK, tahun ini juga Disdik akan membangun 22 RKB dari dana APBD. Pembangunan RKB ditargetkan bisa selesai pertengahan tahun depan. Agar bisa digunakan siswa pasca penerimaan siswa baru nantinya.

Selain itu, Disdik juga akan membangun gedung sekolah baru untuk siswa SMPN 58 Batam yang berlokasi di Kampung Bagan, Seibeduk. Saat ini siswa masih menumpang di salah satu sekolah karena belum memiliki gedung sendiri. (yui)

Update