Kamis, 25 April 2024

Truk Besar Mogok di Tanjakan, Rugikan Pengendara Lain

Berita Terkait

batampos.co.id – Arus lalu lin­tas di Jalan Gajah Mada dari arah Simpang Jam menuju ke Sekupang macet pada Selasa (15/1/2019). Sebuah truk gandeng BP 9X2X ZU rusak saat melintas di tanjakan setelah Southlink sekitar pukul 09.30 WIB.

Kasat Lantas Polresta Barelang Kompol I Putu Bayu Pati mengatakan, pihaknya mendapat laporan dari masyarakat ada kemacetan di sekitar Southlink akibat truk yang rusak. Beberapa anggota Sat Lantas Polresta Barelang langsung diterjunkan menuju lokasi untuk mengatur arus lalu lintas.

”Anggota langsung turun ke lokasi dan arus lalu lintas sudah lancar sekitar pukul 10.00 WIB. Untuk truk yang rusak itu sudah kita bantu derek,” ujar Putu, kemarin.

Dikatakannya, mobil rusak itu menutup sebagian jalur pengendara lain yang akan menuju ke arah Sekupang. Pengendara yang lewat diminta untuk memperhatikan kecepatan kendaraannya karena kondisi jalan tersebut merupakan pendakian yang cukup menanjak.

Kasatlantas juga meminta pengusaha dan perusahaan yang memiliki kendaraan besar, untuk selalu memperhatikan kondisi mobilnya. Sehingga, ketika dioperasikan, kendaraan tak mogok dan merugikan pengendara lain. Terutama, di jalur-jalur yang menanjak dan berpotensi macet.

”Sebagian jalan di Kota Batam cukup menanjak dan kendaraan berat sering mengalami kerusakan di beberapa jalan menanjak, seperti di Bukit Daeng, Batuaji maupun di tanjakan Southlink,” ia mengingatkan.

Jika terjadi kerusakan, otomatis di kawasan tersebut akan mengalami kemacetan panjang. Ditambah, jalan tersebut juga tidak memiliki jalan alternatif. (egi)

Update