Kamis, 25 April 2024

Tekan Angka Kriminal, Polisi dan TNI Berdayakan Siskamling

Berita Terkait

foto: batampos.co.id / dalil harahap

batampos.co.id – Jajaran Polri dan TNI di wilayah kecamatan Sagulung bersinergi dengan masyarakat untuk meningkatkan Keamanan Ketertiban Masyarakat (Kamtibmas). Melalui Babinsa dan Babinkamtibmas, pihak kepolisian dan TNI di wilayah berpenduduk padat itu gencar menghidupkan kembali sistem keamanan lingkungan (Siskamling).

Siskamling dipercayai mampu menjaga keamanan lingkungan secara efektif sebab dari masyarakat dan untuk masyarakat sendiri. “Ini konsep lama dan sangat efektif untuk menjaga keamanan lingkungan. Siskamling ini dari masyarakat untuk masyarakat. Mereka yang amankan sendiri lingkungannya jadi lebih tahu keadaan dan warga yang ada di dalam lingkungan mereka,” ujar Kanit Binmas Polsek Sagulung Ipda Partono, Kamis (17/1).

Selama ini sistem keamanan lingkungan secara umum dititik berat ke aparat kepolisian ataupun TNI. Ini belum begitu efektif sebab tidak setiap saat dan di seluruh tempat aparat pengaman tersebut ada. Keterbatasan personil, luas wilayah dan juga jumlah penduduk yang cukup padat kerap merepotkan petugas. “Kami memang bekerja masikmal tapi ada batasan juga. Untuk benar-benar lebih maksimal lagi masyarakat harus terlibat aktif melalui Kamtibnas tadi,” ujar Partono.

Senada disampaikan Babinsa 14 kelurahan Seilekop Serda T Siburian. Siskamling sudah saatnya untuk kembali diaktifkan di setiap RT. “Apalagi menjelang Pemilu ini, Siskamling sangat dibutuhkan untuk membantu tugas TNI dan Polri. Mereka yang lebih tahu situasi lingkungannya,” ujar Siburian.

Untuk mewajudkan rencana tersebut jajaran kepolisian dan TNI di Sagulung mulai rutin bersinergi dengan masyarakat. Untuk tahap awal mereka akan berbaur dengan masyarakat melalui kegiatan sosial dan gotong royong seperti seperti yang dilakukan bersama perangkat LPM,RT dan RW di kelurahan Seilekop, kemarin. Mereka gotong royong membersihkan lingkungan kantor kelurahan. “Selanjutnya baru masuk tahap pembinaan. Target kita satu RT satu siskamling,” ujar Siburian. (eja)

Update