Jumat, 19 April 2024

Pelaku Usaha Juga Bisa Bantu Benahi Sekolah Rusak

Berita Terkait

ilustrasi. F Cecep Mulyana/Batam Pos

batampos.co.id – Pemerintah Kota (Pemko) Batam telah membuka keterlibatan pelaku usaha turut membangun Batam. Selain dapat berkontribusi membangun infrastruktur, pelaku usaha juga dapat turun tangan pada sektor pendidikan, sosial ekonomi hingga lingkungan hidup maupun sektor lain yang berkaitan dengan masyarakat.

Assiten Ekonomi dan Pembangunan (Ekbang) Pemko Batam Pebrialin mengatakan, dunia usaha dapat ikut serta berkontribusi menjalankan program yang diusulkan dalam Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang), namun tak terkafer anggaran daerah.

“Rehabilitasi rumah, mau bantu sekolah rusak juga bisa,” kata Pebrialin, kemarin.

Maka dari itu, ia mengatakan bukan tanpa alasan Pemko Batam telah membentuk forum Tanggungjawab Sosial Perusahaan (TSP) Kota Batam yang diketuai pengusaha Batam, Jhon Kennedy. Kehadiran forum ini ditujukan, salah satunya agar penyaluran bantuan dari dunia usaha lebih terarah.

“Kehadiran TSP supaya lebih termonitor. Sehingga tidak double, dan bantuan dapat diarahkan ke hal yang lain,” imbuhnya.

Pebrialin mengatakan pada 2018 ada empat perusahaan yang sudah bersinergi dengan Pemko Batam dalam penyaluran CSR. Yakni PT PGN dalam pembuatan mural dan taman. Kemudian Batam Shipyard and Offshore Association (BSOA) yang memberikan boat pancung lengkap dengan mesin untuk mengangkut sampah di Kelurahan Pulau Buluh.

Selanjutnya PT Adhya Tirta Batam dalam bidang pendidikan dan sosial. Serta Kantor Perwakilan Bank Indonesia (BI) Kepulauan RIau berupa pemberian modal kerja bagi koperasi Batik Batam Madani, dan pengembangan pertanian terintegrasi di Yayasan Bukit Bismillah.

“Program TSP atau CSR Kota Batam meliputi bidang ekonomi, sosial, budaya, kemudian infrastruktur, kesehatan masyarakat, lingkungan hidup, pendidikan dan pelatihan,” kata dia.

Sementara itu di website tsp.batam.go.id, terdapat informasi berbagai program yang dapat diikuti oleh pelaku usaha. Dari kegiatan terkkait infrastruktur hingga program sosial kemasyarakatan. (iza)

Update